Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for DeKaVe?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Judul Tulisan

Penulis Pertama, Penulis Kedua & Penulis Terakhir

Profesi Penulis
Departemen tempat penulis berada
alamat email penulis

Abstract. Ditulis dalam bahasa Inggris, huruf Minion Pro ukuran 10pt, format miring (italic) dengan maksimal 200 kata. Gunakan style Abstrak pada toolbar untuk mengatur format penulisan secara otomatis.

Keywords: Ukuran 10pt; huruf kecil, format miring, Ditulis secara alfabetis dengan jumlah 5-10 kata.

Relevance to Visual Communication Design Practice: Informasi singkat (15-25 kata) mengenai seberapa jauh dan aplikatif hasil penelitian untuk praktik disain komunikasi visual

 



FORMAT NASKAH

Naskah ditulis dalam format kertas A4, jenis huruf Minion Pro ukuran 12pt, dengan maksimal 22 halaman sudah termasuk gambar dan kepustakaan. Naskah dibuat dengan format catatan akhir (endnote) dengan tidak menutup kemungkinan menyisipkan footnote untuk penjelasan yang bersifat deskriptif dan historis.

       Tulisan penelitian ilmiah dan perancangan ilmiah menggunakan format 2 kolom, dengan margin tengah 0,8 cm, sedangkan tulisan mengenai wacana dan resensi buku, menggunakan format 1 kolom (contoh disertakan). Gunakan format ini secara langsung tanpa perlu membuat dokumen baru. Apabila naskah yang ditulis telah dibuat sebelumnya, gunakan fungsi copy-paste ke dalam dokumen ini.

       Format penulisan naskah dapat mengikuti style yang telah disediakan pada toolbar sebagai berikut agar sesuai dengan format jurnal DEKAVE.

 

 

  1. Judul, untuk format judul tulisan
  2. Informasi Penulis, untuk format nama penulis beserta departemen tempat penulis berada dan alamat surat elektronik
  3. Abstrak, untuk format abstrak
  4. Judul Awal Paragraf, untuk format judul pada awal paragraf. Format ini dapat digunakan untuk: Pendahuluan, Landasan teoretis, Metode, Daftar pustaka, Kesimpulan, dan Keterangan.
  5. Sub-judul konten, untuk format sub-judul tiap konten.
  6. Naskah, untuk format teks naskah
  7. Informasi Gambar, untuk format informasi gambar
  8. Informasi Tabel, untuk format informasi tabel

(Pedoman penulisan naskah jurnal DEKAVE ini menggunakan fungsi style seperti di atas)

Konten naskah

Konten jurnal DEKAVE harus berisi:

  1. Judul Naskah
  2. Nama penulis (Maksimal 3)
  3. Profesi penulis
  4. Departemen di mana penulis berada
  5. Alamat surat elektronik
  6. Abstrak (Abstract), Keyword, dan Relevansi dengan praktik Disain Komunikasi Visual, dengan bahasa Inggris
  7. Konten naskah (Pendahuluan ………. Kesimpulan)
  8. Daftar Pustaka
  9. Keterangan (apabila diperlukan)

Gambar dan Tabel

Setiap gambar dan tabel harus diberikan nomor yang berurutan. Informasi gambar diletakkan di bawah gambar sedangkan informasi tabel diletakkan di atas tabel. Gambar yang disertakan harus memiliki kualitas yang baik (min. 300dpi) dengan ukuran selebar kolom (untuk gambar berformat horisontal).

        Tabel yang ditampilkan sebaiknya dengan format yang sesuai dengan ukuran kolom. Apabila tabel memiliki ukuran yang besar, maka tabel dapat dibuat menjadi 1 kolom.

 

 

Gambar 1     Informasi gambar
Sumber:

 

 

 

Tabel 1           Paired Samples Correlation
Sumber:

Penulisan sumber gambar/tabel:

  1. Sumber yang berasal dari dokumentasi pribadi, ditulis: Dokumentasi penulis
  2. Sumber yang berasal dari buku, ditulis: Nama penulis, Tahun, Nama buku
  3. Sumber yang berasal dari internet, ditulis: Nama (apabila ada), Alamat URL

Format Formulasi Matematika

Tulisan dengan rumus matematika menggunakan ukuran huruf 11pt, rata tengah.

        Gunakan program pembuat rumus (Equation) yang disediakan program MSWord untuk memudahkan dalam pembuatan rumus.

 

 

KUTIpan & DAFTAR PUSTAKA

Jurnal DeKaVe menerapkan format kutipan dan daftar pustaka otomatis, dengan menggunakan aplikasi Mendeley yang terintegrasi dengan MSWord. Fitur ini berguna agar penulis memiliki katalog referensi. Instal terlebih dahulu program ini untuk menggunakannya.

        Setelah terinstal, maka di bagian menu (ribbon) Reference, akan muncul plugin Mendeley seperti di bawah ini.

 

 

        Apabila penulis telah memasukkan metadata sumber kutipan yang digunakan pada naskah, maka di bagian daftar pustaka, penulis dapat memasukkan referensi secara otomatis dengan memilih Insert Bibliography. Dengan fitur ini, penulis tidak perlu menuliskan kembali daftar referensi.

        Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat mengakses situs www.mendeley.com

Keterangan TAMBAHAN

  1. Apabila nama penulis lebih dari 1 (satu), dan tiap penulis memiliki profesi yang berbeda, maka pada informasi profesi penulis, cukup diberikan informasi departemen tempat penulis berada, diikuti nama institusi di bawahnya, dan di akhiri alamat surat elektronik.
  2. Penulis dapat menyertakan informasi tambahan pada bagian KETERANGAN mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tulisan, seperti: Tulisan merupakan laporan penelitian hibah yang dilakukan di/dengan…, dsb.
  3. Penulis harus mencantumkan nama dan judul tulisan pada header (bagian atas halaman). Penulis cukup mencantumkan pada halaman pertama dan kedua, halaman selanjutnya akan menyesuaikan secara otomatis.
  4. Naskah yang menggunakan kutipan harus menyertakan nomor halaman di mana kutipan tersebut berada pada buku, dengan format: (Nama penulis, Tahun: Halaman)
  5. Informasi lebih lanjut hubungi: jurnaldekaveisi@gmail.com 

Terima kasih.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
 

Copyright Notice

The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to DeKaVe journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. 

DeKaVe journal and Department of Computer Engineering, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in DeKaVe journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.

The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form 

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.