http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi

Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal INVENSI memuat semua tulisan yang berobjek materi seni, baik seni pertunjukan, seni rupa, maupun seni media rekam dan bersifat multidimensional. INVENSI bermaksud untuk memberikan ruang mewadahi berbagai macam ide, gagasan, atau kritik yang merupakan hasil penelitian empiris kuantitatif dan kualitatif terkait dengan seni pertunjukan, seni rupa, dan seni media rekam yang belum pernah diterbitkan dalam bentuk apapun

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

INVENSI

Jurnal INVENSI memuat semua tulisan yang berobjek materi seni, baik seni pertunjukan, seni rupa, maupun seni media rekam dan bersifat multidimensional. INVENSI bermaksud untuk memberikan ruang mewadahi berbagai macam ide, gagasan, atau kritik yang merupakan hasil penelitian empiris kuantitatif dan kualitatif terkait dengan seni pertunjukan, seni rupa, dan seni media rekam yang belum pernah diterbitkan dalam bentuk apapun.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari yang ditunjuk penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan melakukan perbaikan naskah atas dasar saran/rekomendasi dari mitra bestari dan atau penyunting.

 

Publication Frequency

INVENSI adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan frekuensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung pada kontennya dengan maksud bahwa penelitian dapat tersedia secara bebas untuk publik, serta untuk mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau / lembaga. Pengguna diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Inisiatif Akses Terbuka Budapest

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.
Selengkapnya...

 

Etika Publikasi

Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu:

  • (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; 
  • (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan 
  • (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Pernyataan etika publikasi ini juga didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Keputusan publikasi

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal untuk diterbitkan.

Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan dewan editorial atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

 

Tata cara yang adil

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual penulis tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

 

Kerahasiaan

Editor dan dewan editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, penelaah, calon penelaah, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

 

Penyingkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Penulis

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat dan tertulis di dalam artikel. Sebuah makalah harus memuat detail penelitian dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

 

Publikasi Berganda, Redundansi, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Kebenaran Sumber

Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.

 

Kepengarangan Penulisan Artikel

Kepengarangan dalam penulisan artikel harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.

Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di dalam artikel, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

 

Penyingkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskahnya setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah tersebut. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

 

Kesalahan mendasar dalam karya yang dipublikasikan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel.