The Role of Cangkruk Culture in Developing Skills and Creativity of Junior Graphic Designers in Surakarta
Abstract
Peran Budaya Cangkruk dalam Mengembangkan Keterampilan dan Kreativitas pada Desainer Grafis Junior di Surakarta
Abstrak
Budaya Cangkruk merupakan tradisi masyarakat Jawa berupa interaksi sosial santai, memiliki efek berantai positif bagi mahasiswa calon desainer grafis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Cangkruk dalam mengembangkan kreativitas pada desainer grafis junior di Surakarta. Metode yang digunakan adalah studi kasus pada mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa di Universitas Sebelas Maret, dengan pendekatan Peer Teaching dan analisis proses kreativitas menurut Wallas, yang meliputi empat tahap, yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa budaya Cangkruk berfungsi sebagai ruang yang mendukung peer learning dan kolaborasi, media refleksi dan kritik desain, sumber inspirasi dan eksplorasi kreatif, serta dukungan emosional dan motivasi. Proses kreatif yang terjadi dalam Cangkruk memungkinkan desainer untuk belajar melalui praktek nyata berbasis interaksi sosial. Dengan menciptakan ruang terbuka yang mendorong dialog ide, kolaborasi, dan refleksi karya desain dapat memperkaya proses kreatif untuk menghasilkan produk kreatif yang seusai dengan industri desain. Kesimpulannya, cangkruk dapat diposisikan sebagai alat pedagogis alternatif atau ruang pembelajaran informal dalam pengembangan keterampilan dan kreatifitas desainer grafis junior. Penelitian ini merekomendasikan eksplorasi lebih lanjut terhadap potensi budaya Cangkruk dalam disiplin ilmu lain dan latar belakang budaya serta institusi yang beragam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, C. (2017). Teori-teori pendidikan klasik hingga kontemporer. IRCiSoD.
Arnold, S. L. (2021). Replacing “The Holy Grail”: Use peer assessment instead of class participation grades! International Journal of Management Education, 19(3), 100546. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100546
Boud, D., Cohen, R., & Sampson, J. (1999). Peer learning and assessment. Assessment and Evaluation in Higher Education, 24(4), 413–426. https://doi.org/10.1080/0260293990240405
Bustan, L., & Arifin, L. S. (2021). Keliling Surabaya: Dari budaya, kampung, sampai kulinernya. Departemen Matakuliah Umum LPPM Universitas Kristen Petra.
Cezzar, J. (2020). Teaching the designer of now: A new basis for graphic and communication design education. She Ji, 6(2), 213–227. https://doi.org/10.1016/j.sheji.2020.05.002
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Pustaka Pelajar.
Faisal, M. (2022). Pasar dan karier kembali ke akar: Rekonstruksi pasar dan dunia kerja di tangan generasi muda. PT Kompas Media Nusantara.
Fuadi, M., Lasan, B. B., & Setiyowati, A. J. (2020). Adaptasi budaya cangkruk’an sebagai teknik dalam panduan pelatihan konseling sebaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1167. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13947
Husainudin, F. (2020). Cangkruk pada masyarakat Surabaya (Issue 2013). Universitas Airlangga.
Kim, D. (2020). Four Ps of Creativity: Person, process, press, and product. Manual of Evidence-Based Admitting Orders and Therapeutics. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.06193-9
Li, G., Chu, R., & Tang, T. (2024). Creativity self assessments in design education: A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 52(December 2023), 101494. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101494
Lou, Y. (2023). Human creativity in the AIGC era. She Ji, 9(4), 541–552. https://doi.org/10.1016/j.sheji.2024.02.002
Malan, M. (2020). Engaging students in a fully online accounting degree: An action research study. Accounting Education, 29(4), 321–339. https://doi.org/10.1080/09639284.2020.1787855
Munandar, U. (2002). Kreativitas dan keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Gramedia Pustaka Utama.
Muñoz Miguel, J. P., Simón de Blas, C., Anguita Rodríguez, F., & García Sipols, A. E. (2023). Collaborative learning in management subjects to university students: A multi-level research to identify group profile, engagement and academic performance. International Journal of Management Education, 21(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100762
Murtono, T., Soewarlan, S., Soewardikoen, D. W., & Guntur, G. (2023). Belajar dari amatir: Kreativitas komunitas perancang grafis urun daya. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(3), 309–323. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i3.6933
Nurhayati, A., & Ni’am, S. (2021). Cangkru’ an dan harmonisasi kehidupan umat beragama. Jurnal Harmoni, 20(2), 293–316.
https://doi.org/https://doi.org/10.32488/harmoni.v20i2.451
Polkowski, Z., Jadeja, R., & Dutta, N. (2020). Peer learning in technical education and it?s worthiness: Some facts based on implementation. Procedia Computer Science, 172(2019), 247–252. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.039
Rahayu, F. (2022). Pengembangan kreativitas anak melalui startegi 4P (person, press, process, product). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2406–2414. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3779
Ramadhani, A., Wulansari, E., Mawarsari, P. M., & Silas, J. (2014). Conservation concept of Old Kampung through the application of sustainable development principles At Kampung Surabayan, Kedungdoro District, Surabaya. Journal of Architecture&ENVIRONMENT, 13(1), 61.
https://doi.org/10.12962/j2355262x.v13i1.a717
Saidu, A. I. (2020). Homo Artem seni baca-tulis untuk penelitian seni & desain. ITB Press.
Santoso, L. (2017). Etnografi warung kopi: Politik identitas cangkrukan di Kota Surabaya dan Sidoarjo. Mozaik Humaniora, 17(1), 113–125. https://www.e-journal.unair.ac.id/MOZAIK/article/view/6594/0
Schunk, D. H. (2015). Learning theories: An educational perspective. Pearson Education.
Steenkamp, G., & Brink, S. M. (2024). Students’ experiences of peer learning in an accounting research module: Discussion forums, peer review and group work. International Journal of Management Education, 22(3), 101057.
https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101057
Sumartono. (2017). Metodologi penelitian kualitatif seni rupa & desain. Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan.
Topping, K. J. (2005). Trends in peer learning. Educational Psychology, 25(6), 631–645. https://doi.org/10.1080/01443410500345172
DOI: https://doi.org/10.24821/ijcas.v12i1.15018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.