Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi E-Pustaka dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa ISI Yogyakarta
Abstract
Dalam penelitian ini membahas tentang efektivitas pemanfaatan aplikasi e-pustaka dalam meningkatkan minat baca mahasiswa. Metode yang dipakai menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi e-pustaka dalam meningkatkan minat baca berdasarkan EPIC model serta hambatan yang dihadapi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode Creswell. Hasil penelitian ini adalah: pertama, sosialisasi menjadi kunci keberhasilan layanan e-pustaka, dengan sosialisasi pemustaka akan mengetahui dan tertarik untuk memanfaatkan koleksi e-pustaka, mereka akan download aplikasi, instalasi, dan aktivasi akun. Sosialisasi atau penyuluhan dapat dilaksanakan secara tatap muka dan secara virtual atau melalui zoom sehingga peserta akan lebih banyak tanpa terbatas kapasitas ruangan. Kedua, dengan e-pustaka layanan menjadi lebih efektif karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tidak tergantung pada layanan konvensional saat jam kerja, sehingga membawa dampak minat baca mahasiswa meningkat. E-pustaka juga menjadi media belajar bagi mahasiswa karena sumber informasi dapat diakses menggunakan smartphone. Ketiga, pemanfaatan layanan e-pustaka membutuhkan kompetensi pustakawan, seperti keterampilan berkomunikasi, mempunyai etika dalam pelayanan, mampu menggunakan teknologi informasi, dan mempunyai literasi yang cukup terhadap sumber-sumber informasi atau database yang dilanggan maupun tidak dilanggan oleh perpustakaan.
Effectiveness of E-Pustaka Application Utilization in Increasing Reading Interest of ISI Yogyakarta Students. This study discusses the effectiveness of utilizing the e-library application in increasing students' interest in reading. The method used uses a qualitative descriptive approach. This study aimed to determine the utilization of the e-library application in increasing interest in reading based on the EPIC model and the obstacles faced. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Creswell's method was used to analyze the data. The results of this study are: First, socialization is the key to the success of e-library services, with socialization, the library users will know and be interested in utilizing the e-library collection, they will download the application, installation, and account activation. Socialization or counselling can be conducted face-to-face and virtually or through zoom so that more participants will be without limited room capacity. Secondly, e-library services have become more effective because they can be accessed anywhere and anytime, not depending on conventional services during working hours, thus increasing students' interest in reading. is also a learning media for students because information sources can be accessed using smartphones. Third, the utilization of e-library services requires librarian competencies, such as communication skills, having ethics in service, being able to use information technology, and having sufficient literacy of information sources or databases subscribed or not subscribed by the library.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kayte, L. and, & Warren, H. (2015). The power of reading How the next government can unlock every child’s potential through reading. 3.
Onong Uchjana Effendy. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Prastiani, I., & Subekti, S. (2019). Digitalisasi Manuskrip Sebagai Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Informasi (Studi Kasus pada Museum Radya Pustaka Surakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 141–150. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23141
Ramadhiani, A. (2023). Strategi Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan Digital. In ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan (Vol. 3, Issue 2, pp. 54–63). Institut Seni Indonesia Yogyakarta. https://doi.org/10.24821/jap.v3i2.7814
Silalahi, R., Khairul Anwar, R., Chaerani, S., Amar, D., & Rukaman, E. N. (2023). Digitalisasi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Database Google Scholar: Narrative Literature Review. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 270–283. http://dx.doi.org/10.17977/um008vi12017p001
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Wahyuntini, S. (2022). E-Katalog Pameran Seni: Magnet Pemustaka dalam Mengakses Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni. In ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan (Vol. 2, Issue 2, pp. 64–70). Institut Seni Indonesia Yogyakarta. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6985.
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v5i1.14643
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).