Desain Komunikasi Dalam Ilmu Perpustakaan Dari Perspektif Teoritis
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi desain komunikasi dalam perpustakaan dari perspektif teoritis. Fokusnya pada bagaimana teori komunikasi dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi di perpustakaan. Pendekatan yang dipakai literature review, penelitian ini menganalisis elemen-elemen penting dalam desain komunikasi, seperti komunikator, pesan, saluran, penerima, dan umpan balik. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pencarian berbasis website di Scopus, Google Scholar, Garba Rujukan Digital (Garuda), DOAJ, dan EBSCOHost. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan memiliki peran sentral sebagai komunikator utama, sementara pesan dan saluran komunikasi perlu dirancang sesuai dengan kebutuhan pemustaka untuk memastikan keberhasilan penyampaian informasi. Teori komunikasi seperti model Shannon-Weaver, paradigma Lasswell, dan teori media richness terbukti relevan untuk memahami dan meningkatkan proses komunikasi di perpustakaan. Selain itu, teknologi informasi seperti media sosial dan email perpustakaan, telah menjadi alat penting dalam mendukung desain komunikasi modern. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan pustakawan dalam keterampilan komunikasi dan penerapan strategi berbasis teori untuk menciptakan komunikasi yang lebih inklusif dan efektif. Dengan menawarkan kerangka konseptual yang kuat, studi ini berkontribusi pada pengembangan desain komunikasi perpustakaan di era digital.
Communication Design in Library Science from a Theoretical Perspective. This research explores communication design in libraries from a theoretical perspective. It focuses on how communication theory can improve library communication effectiveness. Using a literature review approach, this research analyzes important elements in communication design, such as communicator, message, channel, receiver, and feedback. Data collection was done by conducting web-based searches on Scopus, Google Scholar, Garba Rujukan Digital (Garuda), DOAJ, and EBSCOHost. The results show that librarians have a central role as the main communicator, while messages and communication channels need to be designed according to the needs of the users to ensure the successful delivery of information. Communication theories such as the Shannon-Weaver model, Lasswell's paradigm, and media richness theory prove relevant to understanding and improving the communication process in libraries. In addition, information technologies such as social media and library email, have become important tools in supporting modern communication design. This research recommends training librarians in communication skills and implementing theory-based strategies to create more inclusive and effective communication. By offering a strong conceptual framework, this study contributes to the development of library communication design in the digital age.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afkhami, N., Tajafari, M., Nowkarizi, M., & Nekah, S. M. A. (2019). The status of librarians’ communication skills and the effective factors in public libraries. Library Philosophy and Practice, 2019(April).
AS, E. (2023). Komunikasi Konseling; Wawancara, Seni Mendengar hingga Soal Kepribadian. Nuansa Cendikia.
Audy, F. V., & Rohman, A. S. (2024). Pengembangan dan Pendayagunakan Perpustakaan Melalui Kerjasama Antar Perpustakaan. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24821/jap.v4i1.11052
Caropeboka, R. M. (2017). Konsep dan aplikasi ilmu komunikasi. Andi Publisher.
DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. In PsycCRITIQUES (Vol. 32).
Hayati, N. (2014). Komunikasi Dalam Organisasi Perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 2(1), 49–59.
Irawan, W. (2013). Kekayaan Media (Media Richness), Penerimaan Pengguna (User Acceptance) dan Kehadiran Sosial Bersama (Social Copresence) Pada Video Conference.
Ismaya, I., Ridwan, M., & Elihami, E. (2021). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. 3, 95–106.
Iswatunisa, I. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Program Rumah Sakit Indonesia Di Palestina ( Deskriptif Kualitatif Pada Mer-C Indonesia ) Uin Syarif Hidayatullah Jakarta 1443 H / 2022 M. Communication Management, 1–5.
Koentjoro, M. S. (2020). TEORI KEKAYAAN MEDIA DAN TEORI KOMUNIKASI DUA TAHAP PADA AKUN RESMI INSTAGRAM PERUSAHAAN PROPERTI Analisa konten akun resmi instagram BSD City. Prosiding SNADES 2020 - Optimisme Desain Untuk Pembangunan Negeri, 23–29.
Kurniawati, N. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI PEMUSTAKA. Sahafa Journal of Islamic Communication.
Miller, G. R. (1966). On defining communication: another stab. The Journal of Communication, 16(2), 88–98. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1966.tb00020.x
Mustofa, M. B., Ulvi, S., & Wuryan, S. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 83. https://doi.org/10.35308/source.v10i1.9322
Nurcahyadi, I. (2022). Efektivitas Komunikasi Pustakawan dengan Pemustaka pada Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. In ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan (Vol. 2, Issue 2, pp. 71–79). Institut Seni Indonesia Yogyakarta. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6981
Risma Firda Diana, Khoiriyah, Z., & Zuhdan, M. T. (2022). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Yang Meningkatkan Literasi Siswa Mi Idzharul Ulum Lamongan. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v1i1.312
Saputra Efan, N. S. I. S. (2022). Kualitas Pelayanan Komunikasi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Mercusuar, 3(1), 54–73.
Sari, S. N., Riadi, S., Sijabat, Y., & Giawa, A. S. J. (2020). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DARMA AGUNG 1Shi. Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
STOCKTON RIVERSIDE COLLEGE. (2020). The Shannon Weaver Model of Communication Theory Script. STOCKTON RIVERSDIE COLLEGE.
Wuryan, S., Mustofa, M. B., & Febrian, M. K. (2023). Strengthen Interpersonal Communication in Improving Library Services for People with Disabilities. Wasilatuna: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(02), 64–75. https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v6i02.1029
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v5i2.14669
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).