Efektivitas Desain Rak Sepatu Ergonomis di Pondok Pesantren Tahfidz Yatim Dhuafa Al-Furqon: Studi Kasus dan Implikasinya

Nurul Fitriana Bahri, Fajar Sadika, Hardy Adiluhung, Martiyadi Nurhidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan rak sepatu ergonomis di Pondok Pesantren Tahfidz Yatim Dhuafa Al-Furqon. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, memungkinkan penyelidikan mendalam terhadap penggunaan rak sepatu ergonomis di lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan rak sepatu ergonomis di Pondok Pesantren Tahfidz Yatim Dhuafa Al-Furqon, dengan fokus pada aspek kenyamanan, keamanan, dan efisiensi penyimpanan sepatu. Melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari para penghuni pesantren yang menggunakan rak sepatu ergonomis, penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam aspek kenyamanan, keamanan, dan efisiensi penyimpanan sepatu, dengan mayoritas pengguna menyatakan kepuasan terhadap desain rak sepatu baru. Analisis data kualitatif mengidentifikasi perubahan positif dalam penggunaan rak sepatu ergonomis, termasuk penurunan risiko kerusakan sepatu hingga 70% dan peningkatan kebersihan lingkungan sekitar rak. Rekomendasi penelitian menyoroti pentingnya sosialisasi terus-menerus terkait pemeliharaan dan pengoptimalan penggunaan rak sepatu ergonomis, serta potensi implementasi model serupa di pesantren lain untuk meningkatkan kesejahteraan penghuninya.


Keywords


analisis efektivitas, desain produk, rak sepatu ergonomis

Full Text:

PDF

References


Andrianto, A. (2022). Perancangan Rak Sepatu dengan Sistem Modular untuk Menunjang Fasilitas Penyimpanan di Ruang Terbatas. Waca Cipta Ruang, 8(1), 1-5.

Andrianto, A. (2022). Analisis Tata Letak Mesin ATM Terhadap Kenyamanan dan Efektivitas Sirkulasi Antrian Pengunjung di ATM Center. Waca Cipta Ruang, 8(2), 63-67.

Bawa Susana, I Gede & Alit, Ida Bagus & Aryadi, I.G.A.K.. (2022). APLIKASI ERGONOMI BERDASARKAN DATA ANTROPOMETRI PEKERJA PADA DESAIN ALAT KERJA. 1. 28-34. 10.29303/empd.v1i1.712.

Cesaria, A. P., Syarif, E. B., & Muchlis, M. (2016). Perancangan Sarana Penyimpanan Alas Kaki (Sepatu dan Sandal) untuk Kamar Kos. eProceedings of Art & Design, 3(3).

Dwilaga, A., & Zaen, M. (2023). Perancangan Produk Rak Sepatu Dengan Fungsi Penyimpanan Kaus kaki dan Tempat Duduk Menggunakan QFD. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 121-132.

Peranginangin, E., & Octaviane, G. (2022). Inovasi Desain Rak Sepatu dengan Pendekatan Weighted Matrix & Prototyping. Jurnal Syntax Transformation, 3(02), 232-244.

Widodo, L., Sukania, I. W., & Sugiono, R. (2016). Rancangan Furniture Dan Tata Ruang Dengan Dimensi Terbatas Secara Ergonomis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i2.12325

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor