EKSPERIMEN TEKSTUR CETAK KOLASE SAMPAH INDUSTRI DALAM KARYA SENI GRAFIS

Devy Ika Nurjanah, Adam Ar Rizki

Abstract


Permasalahan sampah di Yogyakarta menjadi penting untuk ditinjau kembali karena belum ditangani secara optimal. Budaya konsumtif masyarakat juga menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya sampah yang dihasilkan, khususnya sampah industri yang sulit terurai. Penelitian ini bertujuan menjawab bagaimana karakter tekstur yang dihasilkan sampah industri (kardus, bubble pack, kabel, dan lainnya) dapat dimanfaatkan dalam cetak kolase seni grafis. Perancangan ini juga bertujuan mengangkat alternatif material yang mudah ditemukan dan lebih ekonomis dalam perancangan karya. Selain itu, juga sebagai bentuk dukungan gerakan zero sampah anorganik yang saat ini sedang dilaksanakan di Yogyakarta sejak awal tahun 2023. Visualisasi karya yang dihadirkan adalah landscape pemukiman padat penduduk, divisualkan secara realistis, dalam artian objek yang dihadirkan sama dengan nyatanya. Oleh karena itu, diperlukan eksperimen tekstur hasil cetakan sampah industri yang merupakan perwujudan gagasan estetik berdasarkan pengalaman empiris peneliti. Metode penelitian ini menggunakan practice-led research dengan pendekatan kualitatif, melalui perancangan karya seni grafis teknik cetak tinggi dengan berfokus pada eksperimen tekstur cetak kolase sampah industri. Tahapan metode dalam penelitian ini menggunakan metode perancangan kreatif seni, yaitu eksplorasi (pengumpulan, pemilahan bahan, dan eksperimen tekstur cetak), perancangan, dan perwujudan, dengan menerapkan teknik cetak kolase pada media 2 dimensi.

Kata kunci: eksperimen; sampah industri; seni grafis; cetak kolase; tekstur

---

Experimental Printed Textures from Industrial Waste Collage in Printmaking. The waste management problem in Yogyakarta requires renewed attention, as current efforts remain inadequate. The growing culture of consumerism has contributed to increasing waste production, particularly industrial waste that is difficult to decompose. This study aims to examine how the textural characteristics of industrial waste materials (such as cardboard, bubble wrap, cables, and others) can be utilized in collage printing within printmaking practices. The design process also seeks to promote alternative materials that are easily accessible and more economical for artistic production, while supporting the zero inorganic waste movement implemented in Yogyakarta since early 2023. The resulting artworks depict densely populated residential landscapes rendered realistically, reflecting actual conditions. Therefore, texture experimentation using prints derived from industrial waste was necessary to embody the researcher’s aesthetic ideas based on empirical experience. This research employs a practice-led qualitative approach through the creation of relief-print works, focusing on texture experimentation using industrial waste in collage printing techniques. The methodological stages follow a creative art design framework: exploration (material collection, sorting, and printed texture experimentation), design development, and realization, applying collage printing techniques on 2 dimensional media.

Keywords: experimet; industrial waste; printmaking; collage printing; texture


Keywords


eksperimen; sampah industri; seni grafis; cetak kolase; tekstur

Full Text:

PDF

References


Adi, S. P., & Marutama, I. G. N. T. (2019). Pemanfaatan kolase dengan media kertas dan plastik bekas dalam karya monoprint. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1), 70-75. https://doi.org/10.33153/brikolase.v11i1.2668

Burhan, M. A., Anusapati, & Morin, L. L. D. (2021). Instalasi eco art sebagai media kultivasi mikroalga. Panggung, 31(1), 149-162. https://doi.org/10.26742/panggung.v31i1.1539

Cholis, H. (2013). Studi penciptaan karya seni instalasi berbasis eksperimen kreatif dengan medium gembreng. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 5(1), 24-37. https://doi.org/10.33153/bri.v5i1.385

Diartika, E. I. A. (2021). Inspirasi mengelola sampah. Guepedia.

Firdaus, H., & Rukmorini, R. (2023). Kalang kabut warga di tengah darurat sampah Yogyakarta. Kompas. https://www.kompas.id/artikel/kalang-kabut-warga-di-tengah-darurat-sampah-yogyakarta

GCB. (2023, April 28). Corrugated board grades: The ultimate guide. https://gcb.com.my/corrugated-board-grades-guide/?utm_source=chatgpt.com

Harahap, F. R. (2013). Dampak urbanisasi bagi perkembangan kota di Indonesia. Society, 1(1), 35-45. https://doi.org/10.33019/society.v1i1.40

Hendriyana, H. (2021). Metodologi penelitian penciptaan karya. Penerbit ANDI.

Hilmawati, H., Aminuddin, I., Jaman, U. B., & Iskandar, Y. (2023). Ekspresi seni ramah lingkungan: Belajar, berkreasi, dan berkarya (B3) melalui teknik ecoprint bersama anak-anak Desa Cimaja Kecamatan Cikakak. Eastasouth Journal of Impactive Community Services (EJIMCS), 2(1), 32-39. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v2i01.158

Marianto, M. D. (1988). Seni cetak cukil kayu. Kanisius.

Nurjanah, D. I., & Basuki, R. (2022). Aplikasi drawing realistik melalui teknik cukil dalam karya seni grafis M. Fadhil Abdi. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 14(2), 171-185. https://doi.org/10.33153/brikolase.v14i2.4354

Prabowo, R. S. (2023). Pemkot Yogyakarta catat penurunan volume sampah pekan ketiga Januari. Suarajogja.id. https://jogja.suara.com/read/2023/01/29/163929/pemkot-yogyakarta-catat-penurunan-volume-sampah-pekan-ketiga-januari

Ross, J., Romano, C., & Ross, T. (1990). The Complete Printmaker. Free Press.

Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: Elemen-elemen seni dan desain. Jalasutra.

Sudiyati, N. (2021). Tekstur dalam estetika keramik. Corak: Jurnal Seni Kriya, 10(2), 239-246. https://doi.org/10.24821/corak.v10i2.4733

Sugiharto, F. D. B., & Isnanta, S. D. (2018). Refleksi diri terhadap hubungan manusia dan alam sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni rupa eksperimental. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(2), 134-145. https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2327

Supriyanto, E. (2000). Setengah abad seni grafis Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Tanama, A. (2020). Cap jempol: Seni cetak grafis dari nol. Penerbit SAE.

Tensay, C. A. (2006). Pendekatan karya berbentuk eksperimentasi [Final Year Project Report, Universiti Malaysia Sarawak]. UNIMAS Institutional Repository. http://ir.unimas.my/id/eprint/2596




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v28i1.13630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Klik di sini untuk melihat jumlah pengunjung website