PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG PANJANG

indri yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan limbah plastik dalam pembelajaran prakarya pada siswa kelas VII. 6 di SMP Negeri 5 Padang Panjang, memahami respon siswa terhadap pembelajaran tersebut, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan pembelajaran prakarya dilakukan melalui perencaan yang matang oleh guru, mulai dari pemilihan bahan hingga pembuatan produk kerajinan berupa dompet dari limbah plastik. Siswa menunjukkan respon positif, terlihat dari antusias dan partisipasi aktif mereka selama pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan alat dan bahan serta tingkat keterampilan siswa yang beragam. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran prakarya dengan pemanfaatan limbah plastik tidak hanya meningkatkan kreativitas siswa, tetapi juga menanamkan nilai kepedulian lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v28i2.14797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Klik di sini untuk melihat jumlah pengunjung website