ECOPRINT SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 5 KOTO XI TARUSAN
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran seni yang monoton, sehingga sebagian besar siswa kurang termotivasi dan kurang kreativitasnya dalam berkesenia. Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat menjadi solusi dalam menguatkan berbagai kompetensi siswa, termasuk kreativitas dalam berkarya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan penerapan teknik ecoprint sebagai materi pembelajaran dalam P5 di SMPN 5 Koto XI Tarusan serta menggambarkan sejauh mana penerapan pembelajaran ini dapat meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan dimensi P5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Data di analisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian adalah teknik ecoprint dalam pembelajaran P5 dan objeknya adalah siswa kelas VIII.1 dan kelas IX.1 SMPN 5 Koto XI Tarusan, yaitu sebanyak 58 orang. Dari penelitian yang telah dilaksanakan penulis bahwa penerapan teknik ecoprint ini berlangsung dengan efektif dan memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran dan dilakukan secara sistematis, meliputi perencanaan, pengorganisasian, eksekusi, evaluasi, dan presentasi. Penerapan pembelajaran ecoprint mampu meningkatkan kompetensi siswa yang dirumuskan sebagai dimensi P5 yaitu beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, berpikir kritis, dan kreatif.
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). CV. Syakir Media Press.
Ariyanti, N. S., Hayati, N. S., & Sunarso, H. (2022). Potensi Daun dari Enam Jenis Tumbuhan sebagai Pewarna Alami untuk Tekstil. Jurnal Sumberdaya Hayati, 8(2), 65–74. https://doi.org/10.29244/jsdh.8.2.65-74
Dewi, I. Y., Lutfi, A., Astuti, S. H., Pramudita, W. P., Rafik, M., Azzahra, S. A. F., Putri, O. M., Hartati, T., Amaliah, R. Z., Said, S. R., Sunarno, T., Husen, K., Hastuningsih, E., & Firdaus, N. (2023). Pembuatan Batik Memanfaatkan Bahan Alami dengan Teknik Ecoprint Pounding dalam Melatih Kreativitas Peserta Didik di SMA Negeri 1 Cikeusal, Banten. Jurnal Pengabdian Kampus, 10(2), 183–190. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v10i2.11442
Faridatun. (2022). Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9002
Rusydiyah, E. F., & Munir, M. (2024). Imunitas dan Kreativitas Literasi Baca Tulis Teori dan Praktik melalui Pengalaman KKN Literasi (I. Shofi, Ed.). PT. Pena Cendekia Pustaka.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Sedjati, D. P., & Yantari, Z. A. P. (2021). Eksperimentasi Kluwih (Artocarpus Camansi) Sebagai Warna Alam Pada Tekstil. Jurnal Seni Rupa & Desain, 24(1), 9–14. https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4469
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sutrisno, M., Sitorus, F. K., Stephen, H., NP, B. T. D., Soembogo, I. A., Paramadita, L., Yulianto, F., Hakim, A., Wibowo, W. S., WT, D. K., Tukiran, A., Winditya, Y. H., Eymeren, M. Van, Choy, L. C., & Yen, T. S. (2005). Teks-Teks Kunci Filsafat seni (I. Gusmian, S. Dema, I. Bene, & hendar Putranto, Eds.). Galangpress (Anggota IKAPI).
Widiyanti, W., Gani, M. H., Yandri, Y., Pratama, R., & Malik, K. (2023). Pelatihan Ecoprint Ide Kreatif Memanfaatan Alam di Mayarakat Nagari Batu Taba Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Abdidas, 4(6), 489–498. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i6.854
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v28i2.15407
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
