KAJIAN VISUAL KEMASAN TEH TUBRUK LOKAL

Ayu Latifah

Abstract


Penelitian ini mengkaji visual kemasan dalam teh Cap Nyapu dan teh Cap Soklat. Kedua Produk teh lokal tersebut dikaji guna mengetahui apakah makna visual yang terdapat dalam visual kemasan teh Cap Nyapu dan teh Cap Soklat, dan apakah makna visual tersebut memiliki kaitannya dengan latar belakang sosial didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka, observasi, dan wawancara/ interview. Dalam penelitian ini, pengaplikasian teori kepada objek yang dikaji hanya menggunakan salah satu dari teori metode visual Gillian Rose yaitu site of image itself. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan prinsip-prinsip desain, visual kemasan teh Cap nyapu memiliki gaya Victorian sedangkan visual kemasan teh Cap Soklat menunjukkan gaya Art Deco. Ilustrasi dalam visual kemasan teh Cap Nyapu, lekat dengan kebudayan Jawa dan menunjukkan tren kala itu, dimana perempuan masih mengenakan kebaya dan batik dalam kehidupan sehari-hari yaitu masa kolonialisme. Sementara dalam visual kemasan teh Cap Soklat menampilkan ilustrasi buah kakao, merupakan tanaman yang masuk dalam kategori tanaman cultuurstelsel.


Keywords


desain kemasan, teh tubruk, kajian visual, makna visual.

Full Text:

PDF

References


Julianti, Sri. (2014). e Art of Packaging.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartodirdjo, Sartono. (1999). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra, A. Krasovec. (2006). Desain Kemasan Perencanaan Merk Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Koentjaraningrat. (2010). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Sachari, Agus.( 2002). Sosiologi Desain.

Bandung: Penerbit ITB.

Sachari, Agus. (2007). Budaya Visual Indonesia.

Jakarta: Erlangga.

Sunarto, Wagiono.( 2013). Gaya Desain Tinjauan Sejarah. Jakarta: PascaIKJ.

Wirya, Iwan. (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.3704

Article Metrics

Abstract view : 1244 times
PDF - 1412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor