Perancangan Interior Kafe “Daily Coffee” di Makassar

Cindy Veronica, Hedy Constancia Indrani

Abstract


Pada beberapa tahun terakhir, kafe menarik perhatian dan menjadi surga bagi kalangan anak muda khususnya mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, telah banyak kafe menghadirkan konsep instagramable yang kekinian bagi generasi millenial. Saat ini, pengunjung kafe “Daily Coffee” di Makassar dari kalangan anak muda masih kurang dan fasilitas yang tersedia masih kurang optimal untuk memenuhi kebutuhan pengguna beraktivitas. Tujuan perancangan interior kali ini untuk memberikan daya tarik visual yang dapat menjadi perhatian pengunjung khususnya dikalangan anak muda, serta menata ruang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan interior kafe “Daily Coffee” di Makassar menggunakan metode design thinking dan menerapkan konsep instagramable, sehingga kafe mendapatkan suasana baru yang kekinian agar dapat meningkatkan brand kafe tersebut, serta melakukan penataan ruang sesuai kebutuhan pengguna untuk beraktivitas.


Keywords


perancangan interior, kafe, Daily Coffee, instagramable

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. A., Rachmahani, H., Husna, N., & Widita, A. (2020, November). Interior Virtual Enhancement: Using Augmented Reality to Elevate Visitor Experience on Café as an Instagrammable Place. In Proceedings of the 4th International Symposium of Arts, Crafts & Design in South East Asia (ARCADESA) 1-6. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3807702

Audrey, J., Wibowo, M., & Nilasari, P. F. (2020). Perancangan Interior Café Thematic di Surabaya. Intra, 8(1), 24-29. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/9779

Dewi, S. K., Haryanto, E. K., & De Yong, S. (2018, October). Identifikasi Penerapan Design Thinking dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2018 (pp. 33-38). State University of Surabaya.

Fahtoni, H. (2022). Pemaknaan Aktivitas Nongkrong di Kafe sebagai Budaya Milenial (Studi Fenomenologi terhadap Pengunjung Kafe di Kota Pematangsiantar). Communication & Social Media, 2(1), 14-21. https://doi.org/10.57251/csm.v2i1.466

Hasrullah. (2012). Eksistensi Usaha Kafe di Kota Makassar (Suatu Tinjauan Antropologi). Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin

Koto, F. F., Soebijakto, G. S. A., & Adriana, E. (2023). Analisis Pengaruh Atmosfer Café dan Customer Experience terhadap Pengambilan Keputusan Customer yaitu Mahasiswa Malang dalam Pemilihan Tempat Coffee Shop untuk Belajar. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 08-19. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1332

Lobo, T. (2023). Selfie and world: On Instagrammable places and technologies for capturing them. Journal of Human-Technology Relations, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.3929/ethz-b-000616964

Yupardhi, T. H., & Noorwatha, I. K. D. (2019). Instagrammable Interior: Aesthetics Appeal Preference Study of Culinary Places Interior for Millenial Generation. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 1, 46–55. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/38




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i3.7427

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor