Foto Produk Brand Spotless Sebagai Media Promosi di Instagram

Aria Putra Mahendra, Silviana Amanda Tahalea, Erlina Novianti, Ratih Candrastuti

Abstract


Foto produk adalah genre fotografi yang bertujuan untuk menjual dan menarik perhatian para-audience yang melihat foto tersebut, berkembang dengan sosial media pada saat ini yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Sosial media merupakan sebuah alat yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi dan berkomunikasi.Fungsi Instagram memberikan layanan untuk mengunggah foto atau video yang dibagikan ke sesama pengguna.Spotless merupakan salah satu bisnis yang memanfaatkan sosial media sebagai bentuk promosi barang yang ditawarkan. Spotless adalah sebuah brand yang berfokus menjual barang perawatan sepatu. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh Spotless adalah menggunakan foto produk. Foto produk yang diunggah oleh Spotless tidak menvisualkan informasi dari produk yang difoto dan tidak berkonsep. Oleh karena itu, penulis akan mengangkat foto produk Spotless dengan konsep menvisualkan informasi dari produk yang menunjukan mudah, aman dan nyaman yang pada akhirnya akan di unggah ke Instagram @spotless_id sebagai bentuk promosi. Metode penelitaan yang digunakan adalah observasi beserta wawancara dan studi literatur. Tujuan penelitian untuk mempromosikan produk Spotless sehingga dapat menjual atau menarik perhatian audience. Dari hasil penelitian ini, bahwa foto produk harus menyampaikan informasi produk yang difoto,dan menarik secara konsep serta visual, sehingga pada akhirnya audience akan tertarik dan mengetahui informasi terkait produk yang difoto.

Keywords


foto produk, Instagram, produk sepatu, spotless

Full Text:

PDF

References


Fiandra, Y., & Sudaryat, Y. (2019). Window Lighting sebagai Pembentuk Dimensi dan Karakter Objek Model dalam Fotografi Potret Hitam Putih. Waca Cipta Ruang, 5(1), 349–356. https://doi.org/10.34010/wcr.v5i1.1646

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial ( Instagram ) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.

Hicks, R., & Schultz, F. (1995). Product Shot (Pro Lighting). Rotovision.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Muhairini, & Listiana, S. (2019). Fotografi Makanan untuk Pemula. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Prakel, D. (2007). Basic Photography: Lighting. Ava Publishing.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Sanggabuwana, D., & Andrini, S. (2018). Dampak Media Sosial terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sentra Industri Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta. InterKomunika, 2(2), 172. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.37

Tahalea, S. (2016). Fotografi Produk Sebagai Sarana Promosi Produk.

Zakia, R. D., & David, A. P. (2010). Photography Composition A Visual Guide. Focal Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i3.7509

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor