Kombinasi Jumputan Dengan Teknik Manipulasi Tekstil Shirring

Khansa Zahra Kinasih

Abstract


The tie-dye technique is one of the techniques for making textile pattern that has long been used in Indonesia. Jumputan is one of the traditional fabrics made using the tie-dye technique. The process of making jumputan, which uses tie and sewing techniques, creates wrinkles. The resulting wrinkles are combined with shirring textile manipulation techniques with the aim of adding a new aesthetic to jumputan while making a slim impression on certain parts. The design method used as a way to solve the problem is SP Gustami's theory. The stages carried out in solving the problem are exploration, design and realization. The combination of jumputan and shirring technique was made into women's clothing. The resulting work is in the form of clothes with motifs made using jumputan technique combining shirring textile manipulation technique. The combination of shirring technique can add the function of jumputan wrinkle.

ABSTRAK

Teknik ikat celup merupakan salah satu teknik pembuatan motif tekstil yang sudah lama digunakan di Indonesia. Jumputan merupakan salah satu kain tradisional yang dibuat menggunakan teknik ikat celup. Proses pembuatan jumputan yang menggunakan teknik ikat serta menjahit, menciptakan sebuah kerutan. Kerutan yang dihasilkan dikombinasi dengan teknik tekstil shirring dengan tujuan untuk menambahkan estetika baru pada jumputan sekaligus membuat kesan ramping pada bagian tertentu. Metode perancangan yang digunakan sebagai cara penyelesaian masalah adalah teori SP Gustami. Tahap yang dilakukan dalam penyelesaian masalah yaitu tahap eksplorasi, perancangan dan perbaikan. Kombinasi jumputan dan teknik shirring dibuat menjadi pakaian wanita. Karya yang dihasilkan berupa pakaian dengan motif yang dibuat menggunakan teknik jumputan mengkombinasikan teknik manipulasi tekstil shirring. Kombinasi teknik shirring dapat menambahkan fungsi dari kerut jumputan


Keywords


Ikat Celup, Jumputan, Manipulasi Tekstil, Shirring

References


Anak Agung Ngurah, A. M. K. T., & Dewa Ayu Putu, L. S. (2021). Penciptaan Busana Haute Couture dengan Konsep Burung Jalak Bali. MODA, 3(02).

Angelina, M. S., & Triputra, P. (2015). Analisis semiotik fashion Ines Ariani sebagai bentuk presentasi diri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 165–179.

Aribaten, N. N. Z., Suardana, I. W., & Pebryani, N. D. (2023). Ilusi Warna Gerhana Dalam Penciptaan Busana Kontemporer. Melayu Arts and Performance Journal, 6(2), 118-133.

Astini, S. M., & Utina, U. T. (2007). TARI PENDET SEBAGAI TARI BALIH-BALIHAN (Kajian Koreografi)(Pendet Dance as Welcome Dance Coreography Research). Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(2).

Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–137.

Budhyani, I. D. A. (2014). PEMANFAATAN PERCA KAIN ENDEK SEBAGAI INDUSTRI KREATIF UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DI BALI. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 9(1).

Deliana, D., Purbosaputro, E., Sunyoto, S., Sujatmiko, S., & Suyamto, S. (2024). Memperkuat Identitas Lokal dalam Globalisasi Melalui Pariwisata dan Pelestarian Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1561-1573.

Dwiarianto, D. (2022). Visualisasi Menara Mahkota Tribhuwana Tunggadewi dalam Busana Batik Ready to Wear-Party Wear (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia).

Hayat, V. Z. (2018). Persepsi Glamor dan Elegan Bagi Para Pencinta Fashion (Analisis persepsi anggota komunitas Hijabie Community terhadap foto fashion dalam majalah Dewi dan majalah Harper’s Bazaar).

Irwan, I., Samritin, S., Riniati, W. O., Acoci, A., Agus, J., Mansur, M., Swanika, I. B., & Sabiran, A. (2022). Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Tari Pendet Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 103–109.

Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai kearifan lokal dalam upaya pelestarian kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127-135.

Leonaldy, L., Ismunandar, I., & Fretisari, I. (2015). Motif Dayak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Lintang, F. L. F., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85.

Paramita, N. P. D. P. (2022). Inovasi Busana Pesta Berbahan Tekstil Tradisional Bali. Style: Journal of Fashion Design, 1(2), 36–44.

Putrayasa, I. K., Arimbawa, I. M. G., & Suardina, I. N. (2018). Metafora Wanita Bali Pada Era Modern Dalam Seni Patung. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(2), 70-80.

Rachmayanti, S., & Roesli, C. (2014). Green design dalam desain interior dan arsitektur. Humaniora, 5(2), 930-939.

Ruastiti, N. M. (2019). Pendet Memendak Dance in Kerambitan Village, Tabanan, Bali. Journal of Arts and Humanities, 8(6), 65-76.

Setiawan, E. G., & Gumulya, D. (2023, August). Inovasi Produk Berbasis Karya Desain Bersejarah Menggunakan Metode Scamper. In SERENADE: Seminar on Research and Innovation of Art and Design (Vol. 2, No. 1, pp. 94-105).

Sihombing, Y. Y. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI THAHARAH DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BATANGTORU. Dirasatuna: Kajian Ilmu Dan Pemikiran Tentang Pendidikan, 1(1), 45–54.

Syamsul, R. L., & Ernawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Moodboard pada Pelatihan Desainer Pakaian Kreasi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 200-208.

Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio, 1(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v14i1.13684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khansa Zahra Kinasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2301-6027  (print) | ISSN 2685-4708  (online).

 

View My Stats