Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Abdimas dengan Metode Human Centered Design
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan dunia, hal ini juga berbanding lurus dengan pemanfaatan teknologi dalam mempermudah akses dan memotong regulasi bertemunya orang (physical distancing). Dampak positif tersebut berbanding terbalik dengan aktivitas pengabdian masyarakat. Salah satu tri dharma perguruan tinggi ini memungkinkan untuk berinteraksi dalam kegiatannya. Dilain sisi, dosen sebagai penggerak pengabdian masyarakat susah mencari mitra yang sesuai dengan kompetensinya, sehingga pengabdian ini seringnya salah sasaran dan melenceng dari kegiatan yang sudah ditentukan. Perancangan user interface ini dibuat dengan harapan mampu menjadi penghubung antara mitra dan dosen sebagai pengabdi untuk bisa match dan memberikan kebermanfaatan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode deep interview dan customer journey map dalam memetakan alur penggunanya. Selain itu perancangan ini juga akan menggunakan studi literatur mengenai permasalahan User Interface Design dan Pengabdian Masyarakat. Adapun keseluruhan proses ini menggunakan metode Human Centered Design yang kemudian dirangkum, diolah dan disintesiskan menjadi sebuah konsep user interface design sebagai sebuah metode penyelesaian masalah. Tampilan aplikasi akan menggunakan android system based. Konsep ini nantinya akan memperlihatkan bagaimana aplikasi mobile ini mampu menjadi pemecahan permasalahan yang terjadi di antara mitra dan pengabdi (dosen) sehingga dapat dijadikan keberlanjutan design interface yang berguna bagi masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v17i1.11000
Article Metrics
Abstract view : 135 timesPDF - 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.