Perancangan Motion Graphic Edukasi Pola Konsumsi Kopi

Setya Putri Erdiana

Abstract


Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama di kalangan Gen Z. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya Gen Z mempunyai pola konsumsi kopi yang tidak baik. Pola konsumsi kopi yang tidak baik, seperti konsumsi berlebihan dan preferensi pada kopi manis dengan susu, dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan gangguan pencernaan. Kasus kematian terkait konsumsi kopi berlebihan menyoroti pentingnya pemahaman mengenai konsumsi kopi yang bijak. Oleh karena itu, edukasi yang informatif sangat dibutuhkan, khususnya bagi Gen Z, untuk memahami pola konsumsi kopi yang bijak. Media edukasi seperti motion graphic merupakan yang tepat karena mampu menyajikan informasi secara menarik, mudah dipahami, dan membantu Gen Z membuat pilihan yang lebih bijak terkait konsumsi kopi.


Keywords


pola konsumsi kopi; gaya hidup; motion graphic

References


Amsha, M. (2023). Mengonsumsi Kopi Secara Rutin: Bagaimana Dampaknya pada Kesehatan Jantung? Artikel. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2319/mengonsumsi-kopi-secara-rutin-bagaimana-dampaknya-pada-kesehatan-jantung

Anindyta, A. (2020). Rekreasi Lalu Lintas Darat Perancangan Interior Pusat Edukasi. Thesis (S1). http://elibrary.unikom.ac.id

Arsyad, R. Bin, Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard untuk Pembuatan Multimedia Interaktif (Sarson Pomalato, T. Machmud, I. Djakaria, R. Husain, N. Napu, N. Djafri, A. Aneta, & Hasim (eds.)). Eureka Medika Aksara, Desember 2022 Anggota IKAPI Jawa Tengah NO. 225/JTE/2021. https://repository.penerbiteureka.com/tr/publications/559511/buku-ajar-pengembangan-media-pembelajaran-matematika-storyboard-untuk-pembuatan#id-section-abstract

CNNIndonesia. (2023). Polisi Sebut Pemuda Bantul Meninggal di Kos karena Asam Lambung. Artikel. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230721181737-12-976264/polisi-sebut-pemuda-bantul-meninggal-di-kos-karena-asam-lambung

Darmawan, N. M. D., Prasetyo, D., Noordyanto, N., & W, O. D. (2022). Perancangan Video Eksplanasi Motion Grafis Sejarah Puputan Badung. Dimensi DKV Seni, 117–136. http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/13436%0Ahttps://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/download/13436/7969

Detikhealth. (2024). Aman Nggak Sih Minum Kopi Malam Hari? Ternyata Bisa Begini Efeknya. Artikel. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7233925/aman-nggak-sih-minum-kopi-malam-hari-ternyata-bisa-begini-efeknya

DokterSehat, R. (2019). Apa Efek Minum Kopi Campur Susu bagi Tubuh? Artikel. https://doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/bolehkah-susu-dicampur-dengan-teh-atau-kopi/

Fairus, F. (2020). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem dan Prosedur Penggajian Dalam Usaha mendukang Efesiensi Biaya Tenaga Kerja pada PT Pancaran Samudra Transport, Jakarta.

Faradila, N. (2023). Benarkah Kopi Hitam Dapat Menyembuhkan Asam Lambung? Begini Penjelasannya. Artikel. https://health.grid.id/read/353812668/benarkah-kopi-hitam-dapat-menyembuhkan-asam-lambung-begini-penjelasannya?page=all

Fauzi, M. F. (2021). Perancangan Video Animasi 2D “Metamorfosis Katak” Menggunakan Teknik Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran. Information System Journal (INFOS), Vol. 4 No. https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/infos/article/view/670

Goodstats. (2024). Pola Konsumsi Kopi Orang Indonesia di Tahun 2024. Artikel, 1–13. https://goodstats.id/publication/hasil-survei-pola-konsumsi-kopi-orang-indonesia-di-tahun-2024-AiM7t

Hadijah, S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematikan Materi Pecahan di Kelaz IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas. Thesis (S1). http://repository.uinsu.ac.id/21096/

Hellosehat. (2022). Aturan Minum Kopi yang Aman untuk Tubuh. Artikel. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/aturan-minum-kopi/

Hertanto, I. A. (2023). TA : Perancangan Motion Graphic Pendidikan Karakter pada Anak Usia 6 - 12 Tahun sebagai Upaya Mencegah Degradasi Moral. Thesis (Undergraduate). https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6927/

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2022). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. 3(Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian ke-III (snhrp-III 2021)), 183–188. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/189

IHCTelmed. (2021). Kopi Pahit Atau Kopi Manis, Mana Yang Lebih Baik Untuk Kesehatan. Artikel. https://telemed.ihc.id/artikel-detail-1079-Kopi-Pahit-Atau-Kopi-Manis,-Mana-Yang-Lebih-Baik-Untuk-Kesehatan.html

Ismianti, R. D., Sitoayu, L., Nuzrina, R., Wahyuni, Y., & Angkasa, D. (2022). Efektifitas Motion Graphic sebagai Media Pendidikan Gizi pada Karyawan di Masa Pandemi. Nutri-Sains: Jurnal Gizi, Pangan Dan Aplikasinya, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.21580/ns.2022.6.1.6608

Jakpat. (2022). Trendy Drinks – JAKPAT Local Brands. Artikel.

Kumparanplay. (2024). Gen Z Lebih Suka Minum Kopi Susu. https://www.instagram.com/p/C6Vkq89r11_/

Liputan6, H. (2023). Dokter Ingatkan Bahaya Konsumsi Kopi Berlebihan Usai Viral Video Pria Minum Kopi Segalon. Artikel. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5409807/dokter-ingatkan-bahaya-konsumsi-kopi-berlebihan-usai-viral-video-pria-minum-kopi-segalon?page=4

Pratama, A. P. (2023). Perancangan Motion Graphic Bahaya Penularan Penyakit Toxoplasma Sebagai Upaya Edukasi Pet Owner Di Surabaya (Thesis (Un, Vol. 4, Issue 1). http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6999

Ramlah, S. A. (2022). Pengembangan Media Audio Interaktif Pada Mata Pelajarann Bahasa Inggris Kelas XI di SMA Negeri 11 Makassar. http://eprints.unm.ac.id/23978/

Rizkiani, M. A., Nurfajriyah, S., Setiawan, D., Kemala, C., Program, P., Desain, S., Visual, K., Komunikasi, F., & Desain, D. (2023). Perancangan Motion Graphic tentang Pentingnya Menikah di Usia Ideal oleh IPPNU Jawa Barat untuk Remaja Usia 13-18 Tahun di Kabupaten Bandung. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 6(2), 98–104. https://doi.org/10.37278/ARTCOMM.V6I2.718

Sakitri, G. (2021). “Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!” Forum Manajemen, 35(2), 1–10. https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/FM/article/view/596

Siahaan, R. D. (2021). Implementasi Algoritma Zhu Takaoka Pada Aplikasi Sinopsis Film Bioskop Berbasis Mobile | TIN: Terapan Informatika Nusantara. Artikel, Vol 1 No 12. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/680

Snapcart. (2023). Indonesia’s Coffee Consumption Trends in 2023 – Snapcart. Artikel. https://snapcart.global/indonesias-coffee-consumption-trends-in-2023/

Sulastri, A., Octaviany, F., & Atikah, C. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Untuk Gen-Z di Era Digital. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 23762–2378. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5662

Sutarman, Ramadhan, S., & Hidayat, D. (2021). Iklan Layanan Masyarakat Waspada Hoax. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 11(1), 6. https://www.semanticscholar.org/reader/503102e232b3f866cfcc0f5f6396c6fb09bc987c

Tarawan, V. M., Lesmana, R., Gunawan, H., & Gunadi, J. W. (2020). Hubungan Antara Pola Konsumsi Dan Tingkat Pengetahuan Mengenai Gizi Seimbang Pada Warga Desa Cimenyan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 57–59. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/download/26851/13823

Umasugi, M. T. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Pemberian Vaksin Sebagai Upaya Trust Pada Masyarakat Kota Ambon. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(2), 5–7. https://doi.org/10.31004/JH.V1I2.12

Wijaya, R. P. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Digital sebagai Media Kampanye Sosial tentang Bahaya Begadang bagi Remaja Usia Produktif Perancangan Buku Ilustrasi Digital sebagai Media Kampanye Sosial tentang Bahaya Begadang bagi Remaja Usia Produktif. 4(1), 88–100. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7283




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v18i2.14022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats