PERANCANGAN SIGN SYSTEM PENGENALAN ECO FRIENDLY LIFESTYLE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG ECO GREEN SCHOOL

Setya Putri Erdiana

Abstract


Saat ini terdapat berbagai masalah lingkungan di Indonesia, seperti masalah banjir, longsor, kesulitan air bersih, serta polusi udara, air dan tanah yang berpotensi mengurangi kualitas kesehatan masyarakat. Hal tersebut menjadi pemikiran dari berbagai macam lini masyarakat. Salah satunya sekolah dasar yang menjadi lini pertama pendidikan usia dini di Indonesia. Kesadaran mengenai pentingnya kepedulian lingkungan telah muncul, namun dalam prakteknya belum dikemas dengan baik sehingga mudah dipahami anak usia dini. Media visual sign system yang memuat edukasi kepedulian lingkungan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengedukasi siswa. Selain sebagai sistem penanda, sign system juga dapat memuat informasi tentang sebuah kebiasaan dan pengetahuan baru di lingkungan sekolah karena dapat diakses setiap saat dan berada di sekitar siswa dalam berbagai area ruang publik saat mereka sedang beraktivitas di sekolah. Melalui metode perancangan design thinking yang berorientasi pada pengguna, diharapkan sign system ini dapat menjadi media yang efektif untuk menanamkan rasa peduli lingkungan sejak dini.


Keywords


Komunikasi Visual; Sign System; Kepedulian Lingkungan; Sekolah Dasar

References


Alafes, Nasser & Samikon, S.A. (2022). Impact of Attitude towards Eco-Friendly Products on Dining Intention and Willing to Pay Premium in order to Improve Dining Behavior among Consumers in Russia Far-East. Special Education. 2 (43). 615-625.

Andjani & Setyadarma. (2017). Perancangan Sign System CV. Alam Hijau Selaras. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 05 Nomor 01, 141-148.

Benciu, F., Vilcu, D.-M., Bogan, E., Bujor, L., & Constantin, D. M. (Oprea). (2021). The Importance of Early Ecological Education for An Assumed and Nature - Friendly Behavior. International Journal of Academic Research in Environment & Geography, 8(1), 1–10.

Hermawan, I & Mahmudah, F.N. (2023). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium : Jurnal Pendidikan. Vol. XI. Issue 1. Januari-April 2023

Istead, Laura & Shapiro, Bonnie. (2014) Recognizing the Child as Knowledgeable

Other: Intergenerational Learning Research to Consider Child-to-Adult Influence on Parent and Family Eco-Knowledge, Journal of Research in Childhood Education, 28:1, 115-127, DOI: 10.1080/02568543.2013.851751

Devi, Kongkee. (2022). A Study on Eco Friendly Habits among The Post Graduate Students of Gauhati University. Special Education. 2 (43), 2018-2029.

Nursabila, Risa & Kusumandyoko, T.C. (2022). Perancangan Sign System dan Wayfinding pada Museum Tsunami Aceh. Jurnal Barik, 4 (2), 65-75.

Prabawani, B., Hanika, I.M., Pradhanawati, A., & Budiatmo, A. (2017). Primary Schools Eco Friendly Education in The Frame of Education for Sustainable Development. International Journal of Environmental & Science Education. 12 (4). 607-616.

Tamami, N.F & Martadi. (2020). Media Komunikasi Visual Sign System Gedung Graha Mojokerto Service City. Jurnal Barik, 1 (2), 53-63.

Daryanto, Suprihatin, A., Mundiatun. (2013). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gaya Media. Penerbit Gaya Media.

Safanayong, Yongky. 2006. Desain komunikasi visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual.Yogyakarta : Jalasutra.

Wark, Ciaran. (2024). 40 Ways to be more eco friendly in 2024. Diakses 23 Februari 2024 dari

https://www.greenmatch.co.uk/blog/how-to-be-more-eco-friendly

https://sippn.menpan.go.id/berita/100600/dinas-lingkungan-hidup/penerimaan-penghargaan-sekolah-adiwiyata-nasional-dan-mandiri#:~:text=Penghargaan%20Sekolah%20Adiwiyata%20adalah%20penghargaan,%2D%20penanaman%20dan%20pemeliharaan%20pohon




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v18i1.14098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats