Perancangan Kampanye Komersil untuk Meningkatkan Kesadaran Pemuda akan Kebersihan Kulit Pada Merek Kahf

Kinanti Restu Aryani

Abstract


Kesadaran pemuda Indonesia terhadap kebiasaan membersihkan kulit muka yang baik dan benar masih tergolong rendah, meskipun minat mereka dalam decade ini semakin meningkat. Perancangan ini bertujuan untuk menyampaikan sebuah pesan tentang kebersihan kulit kepada pemuda dengan mengangkat produk Kahf seri Oil and Acne Care untuk mendorong pemahaman perawatan kulit pada laki-laki berusia 15-23 tahun. Metodologi yang digunakan mencakup pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara dengan pakar komunikasi, desain, dan kesehatan kulit, serta survei terhadap 112 responden pria muda. Kampanye bertajuk KahfBOYS dirancang dengan visual yang komunikatif, gaya bahasa kasual, serta pendekatan storytelling dan ilustrasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari remaja pria. Kampanye ini diharapkan dapat membangun kesadaran bahwa menjaga kebersihan kulit bukanlah tren sesaat, melainkan bagian dari gaya hidup sehat.


Keywords


kampanye visual, remaja pria, skin care, desain komunikasi, Kahf

References


Claudia Aguirre. (2015). Understanding Male Skin by Dr. Claudia Aguirre (As Seen in Dermascope Magazine).

Ficky Aulia, M., & Atmami, H. (2023). DESKOVI : Art and Design Journal SKEMA PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE (IDEOLOGICAL) BAGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Vol. 6, Issue 1).

Iffada, A. R., Mansoor, A. Z., & Mustikadara, I. S. (2024). Pemetaan Model AISAS Dalam Kampanye Film “Pengabdi Setan 2:Communion.” Jurnal Desain, 11(2), 303. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17507

Nofriani, H., & Hasmira, M. H. (2021). Perubahan Makna Maskulinitas Pada Laki-Laki (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang). Jurnal Perspektif, 4(3), 506. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.463

Gojek. (2020). gojek.design. https://gojek.design/

kahfeveryday.com. (n.d.). Kisah Kami. Retrieved April 4, 2025, from https://www.kahfeveryday.com/our-story

PPM School of Management. (2022). AISAS Model Marketing di Era Digital - PPM School of Management. https://ppmschool.ac.id/model-marketing-aisas/

Pribadi Prananta. (2025). Iklan yg kuat tuh kayak gini: Cerita tersampaikan tanpa perlu banyak teks. Wajah kusam → dibersihin → glowing, tapi petugasnya masih di sana, bikin ilusi billboard ini “hidup.” Efektif karena gampang dipahami, efisien karena visualnya langsung kena! https://www.threads.net/@pipu/post/DGUyeFKSw3H/iklan-yg-kuat-tuh-kayak-gini-cerita-tersampaikan-tanpa-perlu-banyak-tekswajah-ku

Reza Firmansyah. (2022). Inilah Data Penjualan Produk Kahf Facial Wash pada Tahun 2020-2022 Halaman 1 - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/reza01/6638a124de948f2d225a57a2/inilah-data-penjualan-produk-kahf-facial-wash-pada-tahun-2020-2022?utm_source=chatgpt.com

Wardah Cosmetics. (n.d.). Official Page Wardah Cosmetics . Retrieved April 4, 2025, from https://www.instagram.com/wardahbeauty/?hl=en




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v18i2.15262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats