PERSEPSI KHALAYAK SASARAN TERHADAP KREATIVITAS ELEMEN IKLAN

Chandra Budiman

Abstract


Iklan adalah bentuk pemasaran penyampaian pesan dari produk atau jasa ke khalayak sasaran. Dalam pembuatan iklan, kreativitas adalah hal yang wajib dibutuhkan untuk stand out dari iklan lain. Iklan berlomba-lomba memikat para khalayak sasaran untuk menatap iklannya dan memaknai pesan yang ingin disampaiakan. Kreatifitas dalam iklan ada kalanya berlebihan, sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam membaca elemen iklan. Terdapat iklan Coca-Cola dengan permainan ikon dan simplifikasi yang tidak dipahami beberap masyarkat. Selain itu, terdapat juga iklan yang memainkan simbolik ritual yang memunculkan persepsi ambigu dan negatif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan masyarakat mempersepsi elemen dengan pemaknaan pesan dalam beberapa iklan. Teori Gestalt memaparkan berbagai jenis bentuk persepsi visual manusia. Metode penelitian ini menggunakan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Di dalam analisis pembahasan, iklan secara strukrural dapat dianalisis dalam bentuk ikon, indeks dan simbol.

Simpulan penelitian menunjukkan bahwa persepsi atas elemen visual iklan dipengaruhi oleh pengalaman khalayak sasaran dan terkendala apabila dilakukan secara berlebihan.

References


Chapman, C., 2016. Exploring the Gestalt Principles of Design. Retrieved from

https://www.toptal.com/designers/ui/gestalt-principles-of-design

Murwonugroho, W., 2015. MAKNA DALAM IKLAN AMBIENT MEDIA SEBUAH PENDEKATAN ANALISIS

WACANA KRITIS (Studi Kasus: Iklan Ambient Media Miracle Aesthetic Clinic), Bandung: Insitut

Teknologi Bandung

Suhandang, K., 2016. Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan (Revisi), Bandung: Nuansa

Bloom, Paul N. dan Boone, Louise N., 2006. Strategi Pemasaran Produk, Jakarta: Prestasi

Pustaka Raya.

Kotler, P. & Keller dan Lane, K., 2016. Marketing Management. Inggris: Pearson Education Limited

Sukarna, I., 2021. Jenis-Jenis Iklan, dari Berdasarkan Isi hingga Berdasarkan Tujuanya. Retrieved

from https://bobo.grid.id/read/082919327/jenis-jenis-iklan-dari-berdasarkan-isi-hingga-

berdasarkan-tujuannya?page=all

https://www.youtube.com/watch?v=STjbYe-qkYM

https://twitter.com/cocacola

https://adsoftheworld.com




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v15i2.6460

Article Metrics

Abstract view : 878 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 473 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats