Tubuh dan Garis dalam Fotografi Nirmana Hitam Putih
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip nirmana dalam fotografi model dan menjelajahi korelasi antara teori nirmana dan fotografi. Biasanya, nirmana terkait dengan seni rupa tangan dan desain grafis, namun penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan relevansi nirmana dengan semua bentuk seni visual, termasuk fotografi. Metode penciptaan yang digunakan adalah metode eksperimental, dengan menggunakan teknik eksplorasi pencahayaan studio dan LED Proyektor (wrapping lights). Dalam penelitian ini, fokusnya adalah menciptakan karya fotografi eksperimental yang melibatkan unsur-unsur tubuh manusia dan menerapkan prinsip-prinsip nirmana secara khusus pada unsur keseimbangan, garis dan point of interest (POI). Penggunaan pencahayaan studio dan proyektor LED memberikan kesempatan untuk menghasilkan efek pencahayaan yang unik dan menciptakan komposisi visual yang menarik. Melalui eksplorasi komposisi, tata letak, diagram warna, dan penggunaan POI, penelitian ini akan menggambarkan bagaimana prinsip-prinsip nirmana dapat diterapkan dalam fotografi model. Dengan memanfaatkan unsur garis dan POI yang dipilih dengan hati-hati, karya fotografi yang dihasilkan diharapkan mampu menarik perhatian dan menciptakan pengalaman visual yang kuat. Hasil dari penelitian ini berpotensi memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang penerapan prinsip-prinsip nirmana dalam fotografi dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengintegrasikan teori nirmana ke dalam praktik fotografi mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi jembatan antara mata kuliah Fotografi dan Nirmana di dunia akademik, sehingga mahasiswa dapat melihat hubungan dan relevansi antara keduanya. Dengan menggunakan metode eksperimental dan pendekatan yang inovatif, penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi baru dalam pengaplikasian prinsip-prinsip nirmana dalam fotografi model dan memperluas pemahaman tentang peran nirmana dalam berbagai bentuk seni visual.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdi, Y. (2012). Photography from my eyes. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ahmad Akrom, Setyanto, D. W., & Muqodas, A. (2016). Perancangan Video Tutorial Food Photography Untuk Mata Kuliah Fotografi Desain Program Studi DKV UDINUS. Jurnal Kreatif, IV(2), 332–342.
Amala, M. (2016). Penciptaan fotografi surealisme. REKAM, 12(2), 131–142.
Ardiansyah, Y. (2005). Tips & trik fotografi. Jakarta: PT Grasindo.
Cochran, W. G. (2007). Sampling techniques. John Wiley & Sons.
Kusuma, S. S. (2018). Colour Splash untuk Model Perempuan dalam Fotografi Ekspresi. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 43. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1383
Mulyanta, E. S. (2007). Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Sanyoto, S. E. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Nirmana). Arti Bumi Intaran.
Setyanto, D. W. (2013). Female Red-tography : Superhero Wanna Be. Pasca Sarjana ISI Jogja.
Setyanto, D. W. (2017). Estetika Fotografi. In A. Setiawan, A. F. Yogananti, & T. Haryadi (Eds.), Rupa-Rupa Komunikasi Visual Kekinian (pp. 33–48). Suluhmedia.
Setyanto, D. W., Sulistiyawati, P., & Rahmasari, E. A. (2018). Implementasi Nirmana pada Fotografi Portraiture 3D Anaglyph. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 143–156. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1790
Tinarbuko, S. (2017). Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v16i2.9684
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.