TERAPI MUSIK DAN ANAK AUTISME: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Florisia Revanya Josephine, Clarissa Orenda, Lamria Roliharni Silalahi

Abstract


Abstrak

Terapi musik adalah suatu pendekatan intervensi yang memanfaatkan musik sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berkomunikasi, ekspresi emosi, fokus perhatian, interaksi sosial, dan keterampilan esensial lain pada individu dengan gangguan spektrum autisme. Terapi musik untuk anak autistik berbeda-beda yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan preferensi anak. Intervensi musik dapat berupa kegiatan auditif pasif mendengarkan hingg aktif bergerak dalam aktivitas bermain musik yang lebih kompleks. Tulisan ini hendak meninjau penelitian-penelitian terdahulu tentang hubungan terapi musik dengan anak autisme di Indonesia. Penelitian dilakukan melalui studi literatur untuk melihat bagaimana pengaruh terapi musik pada anak autisme. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa terapi musik memberikan pengaruh yang bermakna pada perkembangan perilaku seperti perkembangan kemampuan berkonsentrasi, kemampuan berbahasa, serta perkembangan kognitif anak.

Kata kunci: autisme, musik, terapi musik

 

Abstract

Music therapy is an intervention approach that utilizes music as a tool to enhance communication skills, emotional expression, attention focus, social interaction, and other essential abilities in individuals with autism spectrum disorder. Music therapy for autistic children varies depending on individual needs and preferences. Music interventions can range from passive auditory activities such as listening, to active engagement in more complex musical play activities. This paper aims to review previous research on the relationship between music therapy and children with autism in Indonesia. The research is conducted through a literature study to examine the impact of music therapy on autistic children. The literature review reveals that music therapy has a significant influence on behavior development such as improved concentration, language or verbal skills, and cognitive development in children with autism spectrum disorder.

Keywords: autism, music, therapy, health


Full Text:

PDF

References


Afdhal, F., Chundrayetti, E., & Deswita, D. (2021). Systematic Review: Intervensi Terapi Musik terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autisme. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(2), 243–250.

Asri, M. (2013). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autis Di Taman Pelatihan Harapan Makassar [Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. Repository UIN Alauddin Makassar http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2987/

Azoma, M., & Nuqul, F. L. (2017). Ungkapkan Rasamu: Pemberian Musik Perkusi Dalam Meningkatkan Ekspresi Emosi Anak Autis. Psikovidya, 13–27.

Chung, J., & Woods-Giscombe, C. (2016). Influence of Dosage and Type of Music Therapy in Symptom Management and Rehabilitation for Individuals with Schizophrenia. Issues in Mental Health Nursing, 37(9), 631–641. https://doi.org/10.1080/01612840.2016.1181125

Firdausiyah, N. & Widajati, W. (2013). Terapi Musik Klasik Terhadap Perilaku Hiperaktif Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3).

Geraldina, A. M. (2017). Terapi Musik: Bebas Budaya Atau Terikat Budaya? Buletin Psikologi, 25(1), 45–53.

Idayanti, I., & Sartika, D. (2016). Efektivitas Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Memori Anak Penyandang Autis Di Kota Pekanbaru Tahun 2016. Jpk: Jurnal Proteksi Kesehatan, 5(2).

Istito’ah, N. (2013). Perilaku Hiperaktif Anak Autis Melalui Terapi Musik. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/3713

Jasemi, M., Aazami, S., & Zabihi, R. (2016). The Effects Of Music Therapy On Anxiety And Depression Of Cancer Patients. Indian Journal Of Palliative Care, 22(4), 455. https://doi.org/10.4103/0973-1075.191823

Kusuma, N. A., & Zubaedah, S. (2019). Penerapan Terapi Musik Modern pada Anak Autis Usia TK di Sekolah Bina Anggita Yogyakarta. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 351–366.

Lestari, P. (2018). Perbedaan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas Sebelum dan Sesudah Pemberian Terapi Musik Klasik Mozart Pada Anak Autis di BP2KLK Semarang [Undergraduate Thesis], Universitas Ngudi Waluyo. Repository Universitas Ngudi Waluyo http://repository2.unw.ac.id/553/

Mafulatun, S., & Mariyam, M. (2014). Pengaruh Terapi Musik Klasik Jawa Terhadap Kreativitas Anak Autis di Slb Negeri Semarang. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 52–57.

Moniqe, S. R. (2017). Efektifitas Terapi Musik Klasik dan Murottal Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Autis di Sekolah Khusus Autis Garegeh Bukittinggi Tahun 2016. Journal of Engineering and Health Sciences, 1(1), 1-14.

Ningtyas, R. (2020). Pengaruh terapi musik terhadap tingkat konsentrasi pada anak autis di sdlb negeri 2 pangkalan bun. Jurnal Borneo Cendekia, 4(1), 53–58.

Perdana, D., & Mandasari, F. (2021). Pengaruh Terapi Musik terhadap Kemampuan Anak dengan Autis dalam Memperhatikan dan Berkomunikasi: A Literatute Review. Journal of Bionursing, 3(2), 152–158.

Pratama, D. I. (2016). Penerapan Musik dalam Sesi Terapi Anak Autis Berat Ringan di Sekolah Permata Ananda Yogyakarta Tahun 2016. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sartika, E. D., & Rohmah, F. A. (2013). Pengaruh terapi musik gamelan terhadap ekspresi wajah positif pada anak autis. Jurnal Psikologi Integratif, 1(1), 31–43.

Sumekar, I. (2007). Pengaruh terapi musik klasik terhadap kemampuan berbahasa pada anak autis di Pusat Terapi Terpadu A Plus Jalan Imam Bonjol Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sumartini, N. P. (2020). Terapi musik klasik memiliki pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Mataram. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 5(2), 123-129.

Suteja, J. (2014). Bentuk dan metode terapi terhadap anak autisme akibat bentukan perilaku sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 3(1).

Widiawati, S. (2017). Pengaruh Terapi Musik terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Autis di Kiddy Autism Centre Kota Jambi Tahun 2011. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(2), 113–116.




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v12i1.10550

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.