Perancangan Buku Interaktif Siri’ Na Pesse (Falsafah Hidup Masyarakat Suku Bugis)

Widya Devilowa Amir

Abstract


Perancangan ini dibuat untuk memberi informasi sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat Bugis tentang hakikat nilai filosofis dalam siri’ na pesse,  sebuah falsafah hidup yang menjadi pondasi budaya masyarakat suku Bugis. Meskipun nilai-nilai dari siri’ na pesse masih dipertahankan, pergeseran dalam penerapan sistem nilai yang dianut muncul dan mengakibatkan konflik di masyarakat. Salah satu penyebabnya akibat pemahaman yang kurang komprehensif. Berdasarkan pada fenomena tersebut, dikembangkan media buku ilustrasi interaktif yang berbasis pada teknis paper engineering (movable book). Mengintegrasikan narasi bermuatan nilai budaya dengan pendekatan desain cetak yang interaktif. Konten buku yang dirancang berupa kumpulan kisah berdasarkan teori nilai budaya dan falsafah hidup masyarakat Bugis, sementara metode perancangan mengadopsi kerangka teori design thinking. Proses perancangan diawali dengan menerapkan metode pengumpulan data antara lain meliputi kajian pustaka, observasi partisipatoris, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan metode analisis 5W+1H untuk memastikan kedalaman dan relevansi konten. Hasil perancangan berupa buku interaktif dengan 9 kisah pendek dan 1 epilog yang menggambarkan implementasi siri’ na pesse di berbagai konteks zaman. Buku interaktif dipilih sebagai media karena mampu mengakomodasi kebutuhan penyampaian informasi secara menarik, memfasilitasi interaksi aktif pembaca, juga memiliki potensi daya saing. Melalui pendekatan yang ringan dan imersif, buku ini mengajak pembaca untuk merenungi kembali makna mendalam dari siri’ na pesse tanpa terasa menggurui atau membosankan.

 

Design of the Interactive Book Siri' Na Pesse (Philosophy of Life for the Bugis Tribe)

ABSTRACT

This design was developed to provide information as an effort to enhance the understanding of the Bugis community regarding the philosophical values embedded in siri’ na pesse, a life philosophy that forms the cultural foundation of the Bugis people. Although the values of siri’ na pesse are still preserved, shifts in the application of these values have emerged over time, leading to social conflicts within the community. One of the main contributing factors is the lack of comprehensive understanding. In response to this phenomenon, an interactive illustrated book was developed, utilizing paper engineering (movable book) techniques. The design integrates culturally meaningful narratives with an interactive print-based approach. The book’s content, structured as a collection of stories, was designed based on theories of cultural values and the life philosophy of the Bugis community, while the design process adopted the design thinking framework. The design process began with data collection through literature review, participatory observation, and in-depth interviews. Collected data were analyzed using the 5W+1H method to ensure depth and relevance of content. The final outcome is an interactive book comprising nine short stories and one epilogue, illustrating the application of siri’ na pesse across various historical and contemporary contexts. The interactive book was selected as the medium due to its ability to deliver information in an engaging way, facilitate active reader interaction, and offer competitive potential. Through a light-hearted and immersive approach, the book invites readers to reflect meaningfully on the deeper essence of siri’ na pesse without feeling didactic or monotonous.


Keywords


buku interaktif, falsafah hidup Bugis, siri’ na pesse | interactive book, Buginese philosophy of life, siri’ na pesse

Full Text:

PDF

References


Agustiani, S., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Pendidikan menurut perspektif tokoh filsuf Barat. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 816–823. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4219

Anwar, W. A. (2020). Silariang dalam perspektif Islam (Studi kasus di kabupaten Sidrap). Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59638/ash.v6i2.285

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (t.t.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil 1 Juni 2020, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Brown, T. (2008). Design thinking. Harvard Business Review, 86, 84–92, 141.

Darussalam, F. I. (2021). Siri’ Na Pacce dan identitas kebudayaan. An Nisa’, 14(1), 1–5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/an.v14i1.4148

Fathimah, E., Lusiana, L., & Abdillah, M. (2022). Siri’ sebagai motivasi dan etos kerja perempuan Bugis dalam peningkatan ekonomi keluarga. Jesya, 5(2), 2125–2138. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.786

Handayani, W., Ulum, R., & Khofia, N. (2025). Psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari: Pengaruh warna terhadap emosi, persepsi, dan perilaku konsumen. Online Journal System (Vol. 1, Nomor 1).

Himkayanti, I., & Jers, L. O. T. (2022). Bangsawan Bugis yang merantau ke kecamatan Basala. Jurnal Kerabat Antropologi, 6(2), 209–222. http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/kabanti|

Karja, I. W. (2021, Oktober). Makna warna. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara. https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/bdw/article/view/260

Kartikasari, N. N. (2019, September). Kesan metaforis dalam ilustrasi cerita rakyat. Seminar Nasional Seni dan Desain.

Kilawati, A. (2019). Pendidikan karakter dalam budaya siri’ na pesse mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.287

Limanto, D. A., Gogor Bangsa SSn, P., & Christianna SSn, A. (2015). Perancangan buku pembelajaran interaktif sejarah peringatan hari-hari peringatan nasional untuk anak usia 6-11 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6).

Lugis, M. M. (2014). Fenomena siri’ dalam karya seni grafis woodcut [Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/347/

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Badan Penerbit ISI.

Musnur, I. (2015). Visualisasi semut sebagai representasi kebersamaan masyarakat petani Bugis [Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=39852#gsc.tab=0

Mustapa, A. (2014, November). Local wisdom: Merasa siri’ (malu) kalau tidak pakai elpiji non subsidi.

https://www.kompasiana.com/syaalam_malabo/54f5d388a33311161f8b46cf/local-wisdom-merasa-siri-malu-kalau-tidak-pakai-elpiji-non-subsidi

Nashir, A. (2017). Kohesivitas budaya siri’ masyarakat pesisir kota Makassar dalam perspektif hukum Islam dan pendidikan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 12–23. https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.804

Pelras, C. (2006). Manusia Bugis. Nalar bekerja sama dengan Forum Jakarta-Paris, EFEO.

Pertiwi, J. H. (2020). Perancangan buku ilustrasi falsafah pada bangunan masjid menara Kudus [Skripsi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/6050/

Rahim, R. (2011). Nilai-nilai utama kebudayaan Bugis. Penerbit Ombak.

Rasyid, H. Abd. (2014). Perilaku komunikasi orang Bugis dalam tatakrama hubungan antar manusia menurut ajaran Islam. Al-Kalam Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan & Saintek, VIII(1). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm

Rustan, A. (2018). Pola komunikasi orang Bugis: Kompromi antara Islam dan budaya. Pustaka pelajar.

Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana elemen-elemen seni dan desain. Jalasutra.

Sawaty, I. (2021). Pengaruh kesadaran primordial siri’ dalam dinamika masyarakat Bugis. Jurnal Al-Mau’izhah, 3(2).

http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/806

Siregar, S. M., Utomo, B., & Marlina, L. (2020). Perancangan buku interaktif untuk memperkenalkan ragam profesi sebagai sarana pengembangan minat pelajar usia dini. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 828–834. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.881

Sugihartono, R. P. (2015). Perancangan buku ilustrasi manfaat buah dan sayur untuk anak-anak. e-Proceeding of Art & Design, 2(3), 1099–1108. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/3705/3511

Ulfana, N. R., & Ma’arif, S. (2024). Peranan filsafat pendidikan dalam pembentukan moralitas generasi muda. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 13(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v13i3.21064

Wahyutiar, R., Magh’firoh, R. H., Bentri, S. A., & Hartanto. (2022). Perancangan buku ilustrasi tentang dampak pembelajaran daring terhadap kesehatan mental pelajar usia 14 - 18 tahun. Artika, 6(2), 153–164. https://doi.org/10.34148/artika.v6i2.566

Witabora, J. (2012). Peran dan perkembangan ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v10i2.12551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Widya Devilowa Amir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Visitors