Pemanfaatan Substance Sampler dalam Model Praktikum Animasi 3D Shading and Texturing

Tito Ari Pratama, Anisa Fitri Damanik

Abstract


Substance Sampler adalah alat yang memungkinkan para pembuat animasi untuk menciptakan tekstur dan shading yang realistis dengan efisiensi tinggi. Melalui penggunaan Substance Sampler, para animator dapat dengan mudah menghasilkan tekstur yang kompleks dan detail serta shading yang realistis untuk objek dalam animasi 3D. Metode ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan dan mengedit tekstur dengan cepat, sehingga mempercepat proses produksi secara keseluruhan. Selain itu, Substance Sampler juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan library material yang luas, yang dapat meningkatkan kualitas visual dari animasi yang dihasilkan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi Substance Sampler dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam produksi animasi 3D. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dan solusi praktis bagi para profesional di industri animasi untuk meningkatkan proses produksi mereka.

Keywords


Substance Sampler, Shading, Texturing, 3D Animation

References


Adobe. (2024a). Pencahayaan 3D: Jenis Pencahayaan dan Teknik Pencahayaan 3D. https://www.adobe.com/id_id/products/Substance3d/discover/3d-lighting.html

Adobe. (2024b). Substance 3D Sampler. https://helpx.adobe.com/Substance-3d-Sampler.html

Al Bhuqoti, M. J. (2022). Pembuatan Film Pendek Animasi 3D Bergenre Fiksi Ilmiah dengan Teknik Cel-Shading berjudul “The Girl in The Red Hoodie” [Universitas Dinamika]. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6803/1/18510160012-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Arsalan. (2023). How To Do Texturing And Shading For 3D Models [Information]. Information Transformation Services. https://it-s.com/how-to-do-texturing-and-shading-for-3d-models/

Barnwell, J. (2017). Production design for screen: Visual storytelling in film and television. Bloomsbury Visual Arts.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital: Dasar teori dan pengembanggannya (1st ed.). ANDI.

Iontcheva, I. (2024). What Is PBR (Physically-Based Rendering)? A complete guide. Chaos. https://www.chaos.com/blog/what-is-pbr-physically-based-rendering-a-complete-guide

Lappa, D. (2017). Photorealistic Texturing for Modern Video Games [South-Eastern Finland University of Applied Sciences]. https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/136545/Lappa_Damien.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Marteau, B. (2023). A Deep Dive Into Substance 3D Sampler’s 3D Capture Tool. https://80.lv/articles/a-deep-dive-into-Substance-3d-Sampler-s-3d-capture-tool/

Nugraha, B. S. (2015). Penteksturan Model Tiga Dimensi Menggunakan Metode Seamless Unwrapping Material. 3. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/758

Pratama, R., & Putri, R. D. M. (2020). Penerapan Animasi 3D pada Media Pembelajaran Mengenal Huruf Vokal untuk Anak 2-4 Tahun. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(6), 1099–1110. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071787

Pratama, T. A. (2023). PANDANGAN TERHADAP KETIDAKSADARAN MASYARAKAT MENJADI SEORANG PAKAR DALAM KASUS SEPAKBOLA DI TWITTER. Jurnal Penelitian Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.21831/hum.v1i1.52752

Pratama, T. A., & Nugroho, Prof. Dr. H. (2023). Games, Speed Effect dan Dampaknya terhadap Manusia: Dromologi dalam Perkembangan Game Online Mobile MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Jurnal Kawistara, 13(3), 402. https://doi.org/10.22146/kawistara.75218

Pratama, T. A., & Rosita, E. (2023). Implementation of Augmented Reality for Isometric works at Animation Art Exhibition (Animaxtion). Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12–25. https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3111

Prayudi, Y., & Aprizal, I. (2004). Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script. Media Informatika, 2(2), 33–45. https://doi.org/10.20885/informatika.vol2.iss2.art4

Rosyadi, N. F., Wardhana, M. I., Sutrisno, A., & Pramono, A. (2022). Designing a 3D Model of Batu Night Spectacular as an Asset, Animation Video, Learning Media, and Tourism Promotion. (JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran), 9(3), 270. https://doi.org/10.17977/um031v9i32022p270

Sriasih, N. K., Darmawiguna, I. G. M., & kesiman, I. M. W. A. (2020). Penggunaan Prinsip Staging dalam Proses Pembuatan Film Animasi 3D Profil I Gustu Ketut Jelantik Sang Pahlawan Nasional. Karmapati: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 9(2), 78–87.

Ula, M. (2015). Realistic Texturing pada Objek 3-Dimensi Menggunakan Model Teknik Texture Mapping. Jurnal Arsitekno, 6(6), 12–21.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v11i2.12613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Tito Ari Pratama, Anisa Fitri Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats