Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine

Ade Fahmi Armanda, Maulana Rizqi

Abstract


Sejarah tidak menjanjikan dan tidak akan memberikan keuntungan material, tapi tidak berarti kesadaran sejarah jauh dari nilai guna. Sejarah bisa memberi semangat bagi kehidupan berbangsa di masa sekarang dan masa datang. Nilai guna tidak harus berwujud dalam bentuk materi, dalam banyak hal, manfaat sesuatu tidak selamanya berbentuk materi. Untuk tetap membuat tiap warga negara memiliki rasa cinta tanah air di era globalisasi yang membuat semua budaya dan perkembangan teknologi informasi komunikasi termasuk game dapat tersebar luas yang mempengaruhi kehidupan. Untuk itu diperlukan pengingat akan sejarah perjuangan para pahlawan, agar tidak melupakan sejarah perjuangan pahlawan-pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Keywords


Sejarah perjuangan; pertempuran; Game

Full Text:

PDF

References


Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 2(1), 41.

Epic Games inc. (2020). Make Something Unreal. Unreal Engine. https://www.unrealengine.com/en-US/

Harsadi, P. (2016). Pathfinding pada Lingkungan Statis Berdasarkan Artificial Potential Field Dengan Flocking Behavior Untuk Non-Player Character Follower Pada Game. Jurnal Ilmiah SINUS, March 2016, 1–10. https://doi.org/10.30646/sinus.v14i1.233

Ibeng, P. (2020). Pengertian Software, Fungsi, Jenis, Contoh dan Menurut Ahli. Pendidikan.co.id. https://pendidikan.co.id/pengertian-software-fungsi-jenis-contoh-dan-menurut-ahli

Irawan, A., Risa, M., & Noor, T. (2018). Remastering Sistem Operasi Android Untuk Peningkatan Performa Pada Lenovo A6000 Plus. POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 4(1), 12. https://doi.org/10.31961/positif.v4i1.530

Lamanto, S. A. (2016). PENANAMAN KESADARAN SEJARAH DAN SIKAP NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BANGGAI. Istoria : Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 12(1), 87–96.

Lubis, I. R., Solihah, M., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Mobile Learning “CHEMONDRO” Berbasis android sebagai suplemen belajar siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” November, 468–477.

Miranda, P. H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2018). Perancangan Buku Komik sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(1), 1–9.

Moshinsky, M. (1959). Sejarah Game. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Muzakkiyah, I. (2019). PERANGKAT LUNAK PADA LEMBAGA INFORMASI. Baca Mau Tak Baca Rindu. https://blog.ub.ac.id/iftakhmuzakkiyah98/2019/09/05/perangkat-lunak-pada-lembaga-informasi/

Prasetiyo, Y. M., Setiabudi, D. H., & Purbowo, A. N. (2018). Game Battleship Menggunakan Metode BFS dan Database Firebase Dengan Unity Pada Android. Jurnal Infra, 6(2), 2–6.

Ramadhani, S. (2020). PERANGKAT LUNAK KOMPUTER. OSF.io. https://doi.org/10.31219/osf.io/97b5c

Rasjid, F. E. (2010). Android: Sistem Operasi Pada Smartphone. Universitas Surabaya (UBAYA). https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/7/Android--Sistem-Operasi-pada-Smartphone.html

Ricyono, A., Arifin, Z., & Kridalaksana, A. H. (2019). Game Ed-Puzzle Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique. Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi), 4(2), 91–96.

Setiawan, E. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (Ver.Daring). Balai Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud. www.kbbi.web.id

Syuhada, A. (2014). Perancangan Aplikasi Game Rancang Bangun Angka Menggunakan Metode Exact String Matching. Pelita Informatika Budi Darma, 0911058, 1–6.

Walelang, A. V., Liliana, L., & Budhi, G. S. (2015). Game Pembelajaran Fisika Dengan Game Bertipe Adventure Game. Jurnal Infra, 3(2), 346–352.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v6i2.4072

Article Metrics

Abstract view : 1544 times
PDF - 719 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 ade fahmi armanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats