Sintesa Ekspresi Wajah Karakter Virtual 3D menggunakan Action Unit berbasis Facial Action Coding System (FACS)
Abstract
Ekspresi wajah pada karakter virtual 3D memegang penran penting dalam pembuatan sebuah film animasi. Untuk mendapatkan ekspresi wajah yang diinginkan seorang animator kadang mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan ekspresi wajah dengan menggabungkan beberapa Action Unit yang ada pada FACS dan diimplementasikan pada wajah karakter virtual 3D. Action Unit pada FACS dipilih karena mengacu pada struktur otot wajah manusia. Eksperimen yang dilakukan menghasilkan komninasi Action Unit yang dapat membentuk ekspresi seperti joy expression yang dihasilkan dari kombinasi AU 12+26, dan surprise expression yang dihasilkan dari kombinasi AU -4+5+26. Sedangkan untuk sadness expression dan disgust expression karena ada AU yang tidak terwakili pada model 3D sehingga di dapatkan hasil ekspresi yang kurang maksimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ekman, P ; Friesen, W. (1972). The Facial Action Coding System: A Technique For The Measurement of Facial Movement. San Fransisco: Consulting Psychologists Press, Inc.
Gavrilescu, M. (2014). Proposed architecture of a fully integrated modular neural network-based automatic facial emotion recognition system based on facial action coding system. IEEE International Conference on Communications. https://doi.org/10.1109/ICComm.2014.6866754
Nendya, M. B., & Gunanto, S. G. (2014). ANIMASI EKSPRESI WAJAH PADA AVATAR BERBASIS FEATURE- POINT CLUSTER B-86 B-87. Prosiding SENTIA 2014-Politeknik Negeri Malang, 6, 86–90.
Orvalho, V. C., Zacur, E., & Susin, A. (2008). Transferring the rig and animations from a character to different face models. Computer Graphics Forum, 27(8), 1997–2012. https://doi.org/10.1111/j.1467-8659.2008.01187.x
Parke, F. I. (1972). Computer generated animation of face. Proceedings of the ACM Annual Conference, 1, 451–457.
Sumpeno, S., Hariadi, M., & Purnomo, M. H. (2011). Facial emotional expressions of life-like character based on text classifier and fuzzy logic. IAENG International Journal of Computer Science, 38(2), 122–133.
The Duy Bui. (2004). CREATING EMOTIONS AND FACIAL EXPRESSIONS. University of Twente.
Tian, Y. li, Kanade, T., & Cohn, J. F. (2000). Recognizing upper face action units for facial expression analysis. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 1(2), 294–301. https://doi.org/10.1109/cvpr.2000.855832
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v7i1.4239
Article Metrics
Abstract view : 470 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Matahari Bhakti Nendya, Lailatul Husniah, Hardianto Wibowo, Eko Mulyanto Yuniarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)