PERANCANGAN DESAIN KARAKTER JOLE BERBASIS LOKAL FLORES, INDONESIA

Ika Yulianti

Abstract


Indonesia memiliki keberagaman budaya yang berkarakter sehingga menjadi daya tarik tersendiri dimata dunia. Pada perkembangannya, konten lokal Indonesia berkembang menuju skala internasional. Industri animasi sendiri dituntut untuk terus melakukan eskplorasi bahan konten lokal. Salah satu legenda Bata Ne Suka di Ngada Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu ide yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah karya film animasi. Penciptaan desain karakter terdapat pada tahap pra produksi film animasi. Tahapan dalam proses pembuatan desain karakter yaitu pengambilan data, analisa data dan visualisasi. Proses penciptaan ini menggunakan metode pengambilan data secara kualitatif sebagai data primer. Konsep penciptaan karakter Jole yang diadopsi dari anjing daerah Ngada menggunakan pendekatan Three Dimentional Development. Karakter Jole digunakan dalam film “Ata Ngada” pada bagian pra produksi.


Keywords


Konten Lokal; Animasi; Desain Karakter; Ngada Indonesia

References


Arntson, A. E. (2007). Graphic Design Basics. Belmont : Thomson Wadsworth.

Halas, J. & Manvell, R. (1971). The Technique of Film Animation. London and New York: Focal Press.

Hart, C. (2009). Humongous Book of Cartooning. New York City: Watson Guptill.

Kamus Bahasa Indonesia Online. (20 Desember 2020). Proses. Kamus Bahasa Indonesia Online. Diakses 20 Desember 2020, dari http://kamusbahasaindonesia.org/proses

Manvell, R. (1971). Sarah Siddons: Portrait of an actress. New York City: Putnam.

Mattesi, M.D. (2006). Force Dynamic Life Drawing for Animators. Massachusetts: Focal Press.

Sachari, A. (2005). Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa : Desain, Arsitektur, Seni Rupa, dan kriya. Jakarta: Erlangga.

Sheldon, L. (2014). Character Development & Storytelling for Games. Toronto: Nelson Education.

Su, H. & Zhao, V. (2012). Alive Character Design: Character Design Course by Haitao Su. Harrow Middlesex: CYPI PRESS.

Tillman, B. (2011). Creative Character Design. Oxford: Elsevier, Inc.

Williams, R. (2002). The Animator’s Survival Kit. London, New York: Faber & Faber.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v7i1.4382

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ika Yulianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats