Perancangan Game APD COVID-19 Simulator
Abstract
Sudah banyak media yang digunakan untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama mencegah penularan Covid-19 dengan menunjukkan beratnya tugas para tenaga kesehatan ketika menangani pasien Covid-19, seperti dalam hal pemakaian alat pelindung diri (APD), jadwal giliran tugas yang menjadi lebih panjang, dan sebagainya. Sayangnya, belum ditemukan adanya ajakan-ajakan yang menggunakan game. Padahal cara ini dapat saja lebih efektif untuk mempengaruhi masyarakat agar lebih sadar dan mau atau lebih mengikuti protokol kesehatan. Hal ini sangat penting mengingat masih tingginya jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Indonesia. Perlu ada pembuatan game bergenre simulasi untuk menunjukkan beratnya tugas para tenaga kesehatan ketika menangani pasien Covid-19. Penelitian ini merancang game tersebut untuk komponen-komponen yang dirangkum oleh Agustin (2017) dan mengkhususkan pada pemakaian APD. Hasil uji coba menunjukkan bahwa rancangan karakter, antarmuka, dan gameplay game ini dikatakan baik. Semua validator menilai game ini dapat menjadi suatu bentuk dukungan kepada tenaga-tenaga kesehatan yang berjuang menyembuhkan pasien-pasien Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adli, A. S. & Rani, S. (2020). Wasiban: Gim Edukasi untuk Meningkatkan Kewaspadaan dan Kesiagaan terhadap Banjir. Jurnal Automata, 1(2).
Afrianto, I. & Furqon, R. M. (2018). Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), hlm. 141-148.
Agustin, R. D. (2017). Kerangka Analisis Komponen Konsep dan Desain Game. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 3(2), hlm. 86-95.
Atmojo, B. A. (2018). Making of Helicopter Models with Polygonal Modeling Techniques in Mabur Motor Game with 3D Blender. Compiler, 7(2), hlm. 99-106.
Eric, Andana, D. H., & Chrissandy, R. (2014). Pembuatan Game Bakey pada Platform Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 2(2), hlm. 69-74. Diambil kembali dari https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi/article/view/3204
Fachroni, M. Y., Wibowo, H., Syaifuddin. (2018). Perancangan Game Physical Puzzle Rolling Kingdom. Journal of Animation and Games Studies, 4(1), hlm. 23-49.
Fauzianisa, S., Sumekar, T. & Wati, A. (2016). Pengaruh Bermain Video Game Kinetik Simulasi Tari sebagai Exergame terhadap Kelincahan. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4), hlm. 1724-1735. [Online]. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/15943/15404
Gunawan, Halim, F., & Surya, J. (2014). Pengembangan Game Strategi "Our Kingdom". Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 1-6. Diambil kembali dari https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/viewFile/432/410
Hidayanto, A., Moeis, A. O., Salim, H., Heryanto, D. W. (2013). OMG! Operation Management Game – A Customizable Serious Simulation Board Game for Learning the Core Principles of Operations Management. Jakarta: Systems Engineering, Modeling and Simulation Laboratory Industrial Engineering Management Faculty of Engineering Universitas Indonesia.
Hidayanto, A., Zulkarnain, Hasibuan, R. G., Nimpuno, G. C. W., Destyanto, A. R. (2019). Designing a Serious Simulation Game as a Learning Media of Sustainable Supply Chain Management for Biofuel Production. Energy Procedia 156, hlm. 43-47, 5th International Conference on Power and Energy Systems Engineering.
Kementerian Kesehatan. (2020). Petunjuk Teknis Penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Dikutip 24 Oktober 2020 dari https://farmalkes.kemkes.go.id/2020/04/standar-alat-pelindung-diri-apd-dalam-manajemen-penanganan-covid-19/
King, D. L., Delfabbro, P. H., Billieux, J., & Potenza, M. N. (2020). Problematic Online Gaming and the COVID-19. Journal of Behavioral Addictions, 1-3. Diambil kembali dari https://akjournals.com/view/journals/2006/aop/article-10.1556-2006.2020.00016/article-10.1556-2006.2020.00016.xml
Lukosch, H., van Ruijven, T., & Verbraeck, A. (2012). The Other City – Designing a Serious Game for Crisis Training in Close Protection. Dalam: L. Rothkrantz, J. Ristvej, & Z. Franco (eds), Proceedings of the 9th International ISCRAM Conference – Vancouver, Canada, April 2012.
Luz, S., Masoodian, M., Cesario, M., Cesario, R. R., & Rogers, B. (2014). Designing a Serious Game for Community-Based Disease Prevention in the Amazon. Proceedings of the 11th Conference on Advances in Computer Entertainment Technology, hlm. 1-4.
Luz, S., Masoodian, M., Cesario, R. R., & Cesario, M. (2016). Using a Serious Game to Promote Community-Based Awareness and Prevention of Neglected Tropical Diseases. Entertainment Computing, 15, hlm. 43-55.
Mukti, A. N. (2011, Februari 1). Aplikasi Game Fashion Berbasis Web. (Thesis). Diambil kembali dari http://eprints.upnyk.ac.id/11248/
Perdana. (18 mei 2020). 6 Nakes Positif Covid-19, 5 Anggota Keluarga di Sukoharjo Tertular. Dikutip 24 Januari 2021 dari https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/05/18/194932/6-nakes-positif-covid-19-5-anggota-keluarga-di-sukoharjo-tertular.
Richen, R., & Pragantha, J. (2015). Pembuatan Mini Game pada Game Simulasi Police Agent: Traffic Edition. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 3(1), 181-186. Diambil kembali dari https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi/article/view/3284
Sandy, T. A. & Hidayat, W. N. (2019). Game Mobile Learning. Ahlimedia Book.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sehang, J. D. (2019). Perancangan Game Simulasi Kewirausahaan. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), hlm. 79-88.
Sutantra, A. (2014). Pembuatan Simulasi All Terrain Vehicle pada Dunia Virtual. Jurnal INFRA, 2(2), 196-200. Diambil kembali dari http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/2256/2043
Vallejo, V., Wyss, P., Rampa, L., Mitache, A. V., Müri, R.M, Mosimann, U. P., & Nef, T. (2017). Evaluation of a Novel Serious Game Based Assessment Tool for Patients with Alzheimer’s Disease. PLoS ONE 12(5): e0175999. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0175999
Wanner, D. (2014). Serious Economic Games: Designing a Simulation Game for an Economic Experiment. Dalam: Marcus A. (eds), Design, User Experience, and Usability. User Experience Design for Diverse Interaction Platforms and Environments. DUXU 2014. Lecture Notes in Computer Science, vol 8518. Springer, Cham.
Wikihow. (8 Oktober 2020). How to Draw People. Diambil 20 November 2020 dari https://www.wikihow.com/Draw-People
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v7i1.5032
Article Metrics
Abstract view : 901 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 577 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tri Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)