Evaluasi Perancangan Motion Graphic Dua Dimensi sebagai Multimedia Pendukung bagi Siswa SMK pada Masa Online Learning

Agung Adi Firdaus, Gilang Ramadhan, Rizqia Salsabila, Mohammad Nashrullah

Abstract


Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami materi dan membuat pembelajaran lebih efisien dan efektif. Media yang ada saat ini sangatlah beragam karena didukung oleh kemajuan teknologi informasi. Salah satu bentuk teknologi informasi yang membantu pembelajaran adalah animasi. Animasi merupakan media yang dinilai dapat membantu pemahaman siswa. Jaringan komputer merupakan ilmu yang luas yang di dalamnya mencakup topologi jaringan. Masih banyak sekolah dalam memberi materi topologi jaringan menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga sulit untuk dipahami, apalagi saat online learning.  Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara yang dilakukan dengan staf seksi pengembangan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, observasi lapangan, studi pustaka dan analisis validasi ahli materi dan ahli media. Pengujian terdiri dari uji coba pemutaran animasi, uji validasi oleh ahli media dan uji validasi oleh ahli materi. Pengujian single user berupa pemutaran animasi menggunakan VLC Media Player di media laptop ASUS X454Y menunjukkan bahwa pengembangan motion graphic sukses. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 83,6%, menunjukkan media yang dibuat sangat valid dan dapat digunakan tanpa membutuhkan revisi, namun aspek audio narator dinilai kurang maksimal. Sedangkan uji ahli materi memperoleh skor 94,2% menunjukkan materi yang dibuat sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.

Keywords


Motion Graphic, Media Pembelajaran, Topologi Jaringan Komputer, Online Learning

References


Adobe (2018). After Effects CC system requirements | earlier releases. https://helpx.adobe.com/after-effects/system-requirements/earlier-versions.html Diakses pada 16 Februari 2021.

Azizah, Z. F. et al. (2018). Validasi preliminary product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika. 6(1). p. 15. doi: 10.26555/bioedukatika.v6i1.7364.

Elistina (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 5 Basi Kecamatan Basidondo Tolitoli. 4(9), pp. 148–159.

Fitriani (2015). Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V di MI Pembangunan UIN. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44582. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Irfani, M. I. (2017). Animasi Interaktif Sebagai Media Belajar Pengenalan Klasifikasi Jangkauan dan Topologi Jaringan Komputer. Tugas Akhir. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/508. AMIK BSI Pontianak. Available at: ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/Bahan Wisuda Periode V 18 Mei 2013/Fullteks/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf.

Purwanti, A. dan Haryanto, H. (2015). Pengembangan Motion Graphic Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2(2). pp. 190–200. doi: 10.21831/tp.v2i2.7609.

Sari, E. M. dan Arianto, F. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Indonesia Zaman Praaksara Di Sma Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 9(1). pp. 2–5.

Suprianto. (2013). Jaringan Dasar Kelas X SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, D. R. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Untuk Siswa Kelas XII Multimedia Di Smk Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/20106/1/Dyah%20Ratna%20Utami%2007520244094.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.5636

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Agung Adi Firdaus, Gilang Ramadhan, Rizqia Salsabila, Mohammad Nashrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats