Implementasi Metode Fisher Yates Shuffle Pada Game Menyusun Huruf Berbahasa Jawa Krama

Haidar Rafi'

Abstract


Bahasa Jawa Krama yang jarang digunakan menyebabkan sikap kesantunan anak – anak terhadap orang yang lebih tua di lingkungan masyarakat Jawa itu sangatlah rendah. Sehingga dibutuhkan inovasi cara belajar yang menarik dan mudah seperti pembuatan game. Game sebagai salah satu media belajar dibuat dengan menyusun huruf berbahasa Jawa Krama yang menggunakan metode Fisher Yates Shuffle. Tujuan dari pembuatan game ini adalah memberikan alternatif media pembelajaran bahasa Jawa Krama khususnya untuk anak – anak. Metode Fisher Yates Shuffle merupakan metode untuk menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan. Implementasi metode Fisher Yates Shuffle pada game ini dapat dibuat menggunakan Unity 3D. Hasil penelitian ini yaitu metode Fisher Yates Shuffle dapat diimplementasikan pada game dengan mengacak beberapa huruf untuk menjawab soal yang terdiri atas beberapa kata kerja dan kata sifat dalam bahasa Jawa. Menindaklanjuti penelitian ini, maka game menyusun huruf berbahasa Jawa Krama ini perlu dioptimalkan dan diperbanyak dalam kosakatanya.


Keywords


Game; Bahasa Jawa Krama; Unity; Fisher Yates Shuffle

References


Sutardjo, Imam (2012), Kajian Budaya Jawa. Jurusan Sastra Daerah, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Adipitoyo, dkk. (1996), Morfofenemik Bahasa Jawa Dialek Surabaya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th Edition). McGraw-Hill, New York.

Indrajani (2011), Perancangan Basis Data dalam All in 1. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kendall, Kendall (2006), System Analysis and Design Eigth Edition. Prentice Hall, USA.

Ekojono, dkk. (2017), Penerapan Algoritma Fisher Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. Politeknik Negeri Malang, Malang.

Kurniawan, Tri A. (2018), Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.6063

Article Metrics

Abstract view : 470 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Haidar Rafi'

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats