Kajian Elemen Visual Game Type:Rider Sebagai Model Penceritaan Sejarah Tipografi

Muhamad Ridha Agustiandhy, Naomi Haswanto, Yani Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model penceritaan sejarah yang terdapat pada elemen visual game. Sampel dari penelitian ini adalah game Type: Rider yang merupakan game bertemakan tipografi. Pengalaman bermain yang dihadirkan melalui game ini menitikberatkan pada lingkungan game berkenaan dengan sejarah melalui sepuluh periode kunci perkembangan huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data diperoleh dari elemen visual game yang terdiri karakter, item dan objek. Selanjutnya data diinterpretasi dan dianalisis. Hasil yang diperoleh bahwa visual game yang tedapat pada gameplay memiliki alur penceritaan linear berkenaan dengan sejarah perkembangan huruf dengan pendekatan sinkronik.

Keywords


analisis konten,edukasi, game, environment

References


Alizamar & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi & Desain Informasi, Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan dan Desaiin Komunikasi Visual. Yogyakarta: Media Akademi.

Crounsell, C. (2000). Historical knowledge and historical skills - A distracting dichotomy. dalam Arthur, J. & Phillips, R. (2000). Issues in the Teaching of History. London: Routledge, 54-71.

Hunicke, R., Leblanc, M. & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. Proceedings of the AAAI Workshop on Challenges in Game AI.

Khamadi. (2015). Analisis Tampilan Visual Game Super Mario Bros dalam Kajian Persepsi Visual Sebagai Dasar Pengembangan Konsep Visual Game. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. 1(2), 98- 109.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publication

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rouse, R. III. (2005). Game Design: Theory & Practice Second Edition. Texas: Wordware Publishing, Inc.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media – Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stow, W. & Haydn, T. (2000). Issues in the teaching of chronology. dalam Arthur, J. & Phillips, R. (2000). Issues in the Teaching of History. Lon1don: Routledge. 83–97.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.7907

Article Metrics

Abstract view : 515 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muhamad Ridha Agustiandhy, Naomi Haswanto, Yani Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats