Pemanfaatan Virtual Reality (VR) Untuk Pembuatan Simulasi Praktikum Perakitan Komputer Menggunakan Unreal Engine
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade Fahmi Armanda, M. R. (2020). Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation & Games Studies, 6, 87–96.
Akbar, A., & Noviani, D. N. (2019). TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA.
Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606
Berbasis, P., Untuk, P., Kemampuan Berpikir, M., Mahasiswa, K., & Ariyati, E. (2010). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Matematika Dan IPA, 1.
Dr. H. A. Rusdiana, M. M. (2014). KONSEP INOVASI PENDIDIKAN. http://digilib.uinsgd.ac.id/8787/1/Buku Konsep Inovasi Pendidikan.pdf
Ekoanindiyo, F. A. (2011). PEMODELAN SISTEM ANTRIAN DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI. V(1), 72–85.
Fatwa, A. (2020). Indonesian Journal of Instructional Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. 1, 20–30.
Firman Setiawan Riyadi, A. Sumarudin, M. S. B. (2017). APLIKASI 3D VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KAMPUS POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU BERBASIS MOBILE. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer, 2.
Jambak, I. N. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MERAKIT PERSONAL KOMPUTER (MPC) PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU T.A 2013/2014.
Luthfan Fathur Rahman, M. S. A. (2019). PERANCANGAN APLIKASI PERMAINAN ENDLESSRUNNER PADA CV.KIRADEV. J u r n a l I D E A L I S. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1080/303
Make Something Unreal. (2020). Epic Games Inc. https://www.unrealengine.com/en-US/).
Putri, N. E. (2017). Aplikasi Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer. Edik Informatika, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1427
Rahmadhan A, P. A. S. A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakanaugmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 24–31.
Rashid, N. M. (2018). IMPLEMENTASI PERMAINAN PEMADAM KEBAKARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY. Universitas Brawijaya.
Rori, J., Sentinuwo, S., Karouw, S., & Pendahuluan, I. (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D. 8(1), 3–7.
Siswati. (2013). Perakitan komputer.
Wardhana, N. J., Arthana, I. K. R., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pengenalan Manusia Purba Bangsa Indonesia untuk SMA Kelas X (Studi Kasus SMA Negeri 2 Singaraja). JANAPATI, 8.
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v9i2.8836
Article Metrics
Abstract view : 443 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 328 times
Refbacks
Copyright (c) 2023 Nanda Eka Rostania, Maulana Rizqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)