Desain Karakter Animasi “Kinanti” Berbasis Local Genius

Ika Yulianti

Abstract


Kemampuan generasi muda dalam menyerap dan mendukung peran local genius dalam kehidupannya tentu saja beragam cara, salah satunya adalah mengimplentasikan pesan filosifis dari nenek moyang dalam karya. Kantil merupakan bunga yang biasa digunakan dalam sajian ubo rampe dalam tradisi Jawa. Kantil sendiri memiliki pesan filosofis yang harus dipahami oleh generasi muda. Proses studi penciptaan dalam pembuatan desain karakter animasi bernama Kanthi yang berasal dari imajinasi peneliti yang berasal dari bunga Kantil. Melalui pengambilan data penelitian kualititatif dari pengumpulan data langsung, dokumentasi literatur hingga penciptaan karya berupa proses pencarian ide, sketsa, colour testbased colour hingga shading. Studi ini menggunakan pendekatan teori  dari Bryan Tilman, dimana desain karakter hasil dari studi penciptaan dirancang dengan berdasarkan sifat yang kemudian ditempatkan pada rangkaian cerita. Proses studi penciptaan ini menghasilkan pengalaman estetis bagi peneliti dalam mengungkapkan pengalaman berkarya dan perasaaannya terhadap imajinasi objek bunga kantil. 


Keywords


Desain, Karakter, Animasi, Local, Genius

References


Aprilia, Monika Pretty, Video Animasi, Analisis Isi, and Animasi Upin. 2022. “RELIGIOSITY IN ANIMATED VIDEOS ( QUANTITATIVE CONTENT

ANALYSIS OF THE UPIN AND IPIN ANIMATED SHOW ).” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi 18(2):69–80.

Film, Program Studi, and Fakultas Seni. 2022. “PADA KANAL YOUTUBE DALANG SENO.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi 18(2):113–24.

Koentjaraningrat. 1990. Bunga Rampai Kebudayaan Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta.

Lismawanty, Ameliya. 2021. “Makna Simbolis Upacara Ritual Nadran Empang Di Desa Karangsong Kabupaten Indramayu (Kajian Simbol Dan Makna.” Institut Seni Budaya Indonesia Bandung 102.

Muhammad Husni, Tiarma Rita Siregar. 2000. “Perhiasan Tradisional Indonesia.” P. 200 in. Direktorat Jendral Kebudayaan.

Sheldon, Lee. 2004. No Title. Boston: Thomson Course Technology.

Wiratno, Tri Aru. 2020. Kritik Seni Rupa Berbasis Budaya Kritis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v9i1.9005

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Ika Yulianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats