SENGKILIK SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN KARYA MUSIK ETNIS BERJUDUL “KENAI BI”
Abstract
Komposisi Kenai Bi merupakan bentuk transformasi dari bunyi Sengkilik yang ada di Kampung Linggang Amer, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Sengkilik merupakan sebutan untuk kincir angin di daerah tersebut. Banyaknya Sengkilik yang terpasang menyebabkan adanya fenomena bunyi unik yang terdengar. Penelitian memperoleh hasil bahwa masih adanya kepercayaan masyarakat Dayak Tunjung Linggang terhadap hal yang bersifat transenden, sehingga masih banyak Sengkilik yang dipasang di kampung tersebut. Metode yang digunakan dalam proses penciptaan musik etnis ini mengacu pada teori Alma M. Hawkins, yakni : Eksplorasi, Improvisasi, dan Komposisi. Penyajian komposisi ini merupakan sebuah komposisi campuran, berupa instrumental dan vokal dengan penggabungan instrumen etnis dan barat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantiatif, dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dean, Syahmedi. 2018. Tenun Doyo dan Sulam Tumpar: Seni Wisata Kutai Barat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Haryanto. 2021. Musik Suku Dayak: Sebuah Catatan Perjalanan di Pedalaman Kalimantan. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Hawkins, Alma M. 1990. Creating Through Dance. Terj. Y. Sumandiyo Hadi. "Mencipta Lewat Tari". Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Irawati, Eli. 2018. Belajar Musik Sampek. Yogyakarta: UPT Perpustakan ISI Yogyakarta.
. 2019. Kelentangan dalam Belian Sentiu Dayak Benuaq di Kalimantan
Timur. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Junaedi, Deni. 2016. Estetika Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. Yogyakarta: ArtCiv.
Khan, Hazrat Inayat. 2002. The Mysticism of Sound and Musik. Terj. Subagjono dan Fungky Kusnaendy Timur. “Dimensi Mistik Musik dan Bunyi”. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Sufi.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Mack, Dieter. 2012. Ilmu Melodi. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Maryana, Tony dan Bayu Prasetyo. 2019. Seri Buku Total Perkusi Jilid 1.
Yogyakarta: Total Perkusi.
Mirza, Rakhmad Syafutra Lubis, dan Mansur Gapy. 2019. “Pemanfaatan Alternator Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)”, dalam KITEKTRO : Jurnal Online Teknik Elektro, Vol. 4 No. 4 2019.
Mistortoify, Zulkarnain. 2003. Fieldwork 1 Etnomusikology. Surakarta: P2AI bekerja sama dengan STSI PRESS Surakarta
Nakagawa, Shin. 2000. Musik dan Kosmos: Sebuah Pengantar Etnomusikologi.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v18i2.5857
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.