CITRA SUREALISME JALANAN: ANALISIS STREET PHOTOGRAPHY KARYA ROY RUBIANTO MELALUI KONSEP HASARD OBJECTIF DAN THE MARVELOUS
Abstract
Kajian ini bertujuan menganalisis street photography karya Roy Rubianto dalam buku foto INTIP melalui dua konsep kunci dari aliran surealisme Andre Breton, yaitu hasard objectif dan the marvelous. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti menginterpretasikan empat foto terpilih menggunakan pendekatan fenomenologi “studium” dan “punctum” dari Roland Barthes untuk mendeskripsikan aspek yang ternampakkan dalam sebuah citra fotografis seperti komposisi, pencahayaan, dan penjajaran. Punctum digunakan untuk mendeskripsikan aspek yang tidak ternampakkan seperti pengalaman sensasi estetis yang dialami oleh pemandang. Hasil analisis menunjukkan bahwa karya Roy Rubianto yang diambil selama 14 tahun di Jakarta menciptakan narasi baru yang menantang persepsi realitas dalam genre fotografi dokumenter klasik. Roy Rubianto dengan menggunakan pendekatan street photography mampu mengintegrasikan konsep hasard objectif dan the marvelous dari Andre Breton. Kajian ini menyimpulkan bahwa street photography dapat memperkaya wacana dan praktik seni dengan mengungkap surealisme dalam banalitas kehidupan sehari-hari. Surealisme menawarkan sudut pandang manusia yang unik pada era teknologi maju. Kajian ini menyarankan penelitian lebih lanjut tentang imajinasi surealisme dalam fotografi untuk mengungkap dimensi tersembunyi dalam realitas kehidupan yang lain.
The Aesthetic of Street Surrealism: An Analysis of Roy Rubianto’s Street Photography through the Concepts of Hasard Objectif and The Marvelous. This study aims to analyze Roy Rubianto’s street photography in the photo book INTIP through two key surrealist concepts by André Breton: hasard objectif and the marvelous. Using a descriptive qualitative approach, the researcher interprets four selected photos by applying Roland Barthes’ phenomenological concepts of “studium” and “punctum” to describe visible aspects in a photographic image, such as composition, lighting, and juxtaposition. Punctum is used to describe invisible aspects, such as the aesthetic sensory experience felt by the viewer. The analysis reveals that Roy Rubianto’s work, captured over 14 years in Jakarta, creates a new narrative that challenges perceptions of reality within the classic documentary photography genre. Through his street photography approach, Roy Rubianto successfully integrates André Breton’s concepts of hasard objectif and the marvelous. This study concludes that street photography can enrich artistic discourse and practice by uncovering surrealism within the banality of everyday life. Surrealism offers a unique human perspective in an era of advanced technology. The study suggests further research into surrealist imagination in photography to uncover hidden dimensions in other aspects of life.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bajraghosa, Terra. “Citra Fotografis Dalam Komik Mandiri ‘CABIN’ Dan ‘LEFT BEHIND’ Karya Azisa Noor.” Specta: Journal of Photography, Arts, and Media 7.2 (2023): 173–186. Web.
Barthes, Roland. Camera Lucida: Reflections on Photography. New York: Vintage, 1993. Print.
Breton, André. Mad Love. Ed. Marry Ann Caws. Lincoln and London: University of Nebraska Press, 1987. Print.
---. “Manifesto Of Surrealism.” 1924. Web.
Castant, Alexandre. “Surrealism and Imagery.” Critique d’art 20 (2002): 1–3. Web.
Cutler, Rich. “Photography and Time: Decoding the Decisive Moment.” University of Brighton, 2012. Print.
Kusrini, Kusrini. “Fotografi Jalanan: Membingkai Kota Dalam Cerita.” Journal of Urban Society’s Art 3.2 (2016): 102–109. Web. 31 Mar. 2025.
Kusrini, Kusrini, and Aji Susanto Anom Purnomo. “Fotografi Konseptual Sebagai Media Representasi Sikap Masyarakat Lokal Terhadap Fenomena ‘Udan Salah Mangsa.’” Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi 19.2 (2023): 129–142. Web.
M. Zamzam, Fauzanafi. Melampaui Penglihatan. Yogyakarta: Rumah Sinema, 2012. Print.
Purnomo, Aji Susanto Anom. Pengantar Etnofotografi. Ed. Adya Arsita. Yogyakarta: Balai Penerbit ISI Yogyakarta, 2021. Web.
Schwartz, Stephanie. “Street Photography Reframed.” Arts 10.2 (2021): 29. Web.
Soedjono, Soeprapto. “Fotografi Surealisme Visualisasi Estetis Citra Fantasi Imajinasi.” REKAM 15.1 (2019): 1–12. Web.
Sulastianto, Harry. “Surealisme: Dunia Khayal Dan Otomatisme.” Stilasi Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI (2009): n. pag. Print.
Warner, Marina. “The Writing of Stones: Roger Caillois’s Imaginary Logic.” Cabinet Magazine 2008. Web.
Sumber laman: https://royrubianto.blogspot.com/2014/09/my-first-photo-book_2.html diakses pada 6 April 2025, pukul 12.21 W.I.B.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i1.15033
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.