MENGGALI KEDALAMAN MAKNA DALAM FOTO ESAI: MENAFSIRKAN TANDA, MENGHIDUPKAN CERITA VISUAL TANPA KATA
Abstract
Artikel ini mengkaji peran teori semiotika, literasi visual, dan transmisi budaya dalam membentuk makna dalam foto esai, serta bagaimana foto esai dapat menjadi medium komunikasi massa yang efektif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, penelitian ini menganalisis beberapa karya foto esai dengan analisis semiotika dan studi kasus. Selain itu, artikel ini mengeksplorasi bagaimana foto esai mencerminkan budaya yang melahirkannya dan berperan dalam proses transmisi nilai-nilai budaya kepada audiens yang lebih luas.
Keywords
References
Brubaker, J. R., Aakhus, M., & Xu, X. (2019). Impacts of mobile use and experience on contemporary society. In Impacts of mobile use and experience on contemporary society. Information Science Reference/IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7885-7
Buckingham, D. (2007). Media education: Literacy, learning and contemporary culture. Polity Press.
Elkins, J. (2013). Visual studies: A skeptical introduction. In Visual Studies: A Skeptical Introduction. https://doi.org/10.4324/9780203700587
Hall, S. (2013). Representation: Cultural Represenation and Signifying Practices. The Open University.
Happy, H. R. D., & Verdiana, E. O. (2022). Visualisasi “Nriman” sebagai Seni Ekspresi Visual dengan Teknik Fotografi Makro. Nirmana, 22(2), 129–136. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.129-136
Harcourt, S. (2021). Visual Literacy: A Guide for Teachers. Routledge.
Haskin, E., Psomadaki, O., Dimoulas, C., Kalliris, G., & Paschalidis, G. (2018). Visual Narratives: The Power of Images in Storytelling. Journal of Media Studies. Journal of Cultural Heritage, 36. https://doi.org/10.1016/j.culher.2018.07.016
Manovich, L. (2013). Software takes command. Bloomsbury Academic.
Mitchell, W. (2015). Image Science: Iconology, Visual Culture, and Media Theory. University of Chicago Press.
Sondheim, A. (1976). Umberto Eco, A Theory of Semiotics . Art Journal. https://doi.org/10.1080/00043249.1977.10793351
Verdiana, E. O., Warsaa, Y. W. S., & Happy, H. R. D. (2023). Katalog Foto Produk Fanschant Store di Kota Malang Sebagai Media Promosi. Cipta, 1(3). https://doi.org/10.30998/cpt.v1i3.1798
Yang, Y. (2020). Visual Literacy in Higher Education: An Exploration of Practices and Perspectives. International Journal of Art & Design Education.
Zhao, Q. (2022). Cultural Transmission and Its Impact on Visual Communication. Visual Communication Quarterly.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i1.15551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.