MENGGALI KEDALAMAN MAKNA DALAM FOTO ESAI: MENAFSIRKAN TANDA, MENGHIDUPKAN CERITA VISUAL TANPA KATA
Abstract
Foto esai adalah media visual yang tidak hanya merekam momen, tetapi juga menyampaikan cerita yang dapat bertahan dalam ingatan penikmatnya. Seiring waktu, makna dari sebuah foto esai dapat berkembang melalui proses interpretasi yang dipengaruhi oleh latar budaya, konteks sosial, dan perkembangan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI), meskipun konten visualnya tetap konsisten. Artikel ini mengkaji peran teori semiotika, literasi visual, dan transmisi budaya dalam membentuk makna dalam foto esai, serta bagaimana foto esai dapat menjadi medium komunikasi massa yang efektif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, penelitian ini menganalisis beberapa karya foto esai dengan analisis semiotika dan studi kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa tanda-tanda dalam foto dapat menghasilkan berbagai makna baru ketika diinterpretasikan oleh audiens dari latar belakang yang berbeda atau dalam konteks waktu yang berubah. Literasi visual sangat penting dalam proses ini karena kemampuan membaca dan memahami tanda visual menentukan seberapa dalam narasi foto esai dapat diapresiasi. Selain itu, artikel ini mengeksplorasi bagaimana foto esai mencerminkan budaya yang melahirkannya dan berperan dalam proses transmisi nilai nilai budaya kepada audiens yang lebih luas. Dengan kemajuan teknologi dan AI, cara merancang dan menginterpretasikan foto esai juga mengalami perubahan, yang semakin memperkaya dialog antara karya dan audiensnya. Foto esai tidak hanya menjadi arsip visual, tetapi juga medium aktif yang terus hidup dalam interaksi dinamis dengan teknologi dan perkembangan budaya. Pemahaman terhadap konteks budaya, literasi visual yang baik, dan kesadaran terhadap pengaruh teknologi modern diperlukan untuk mengapresiasi kedalaman cerita dalam foto esai. Foto esai dapat membangkitkan makna baru seiring waktu, menjadikannya media yang dinamis dan relevan dalam berbagai konteks.
Exploring the Depth of Meaning in Photo Essay: Interpreting Signs, Bringing Visual Story to Life without Words. Essay photos are a visual medium that not only records moments but also conveys stories that can survive in the connoisseur's memory. Over time, the meaning of an essay photo can evolve through an interpretive process influenced by cultural background, social context, and technological developments, including artificial intelligence (AI), although the visual content remains consistent. This article examines the role of semiotics theory, visual literacy, and cultural transmission in shaping meaning in essay photos, as well as how essay photos can be an effective medium of mass communication. Using a qualitative-descriptive approach, this study analyzes several essay photos with semiotic analysis and case studies.This research shows that signs in photos can yield a variety of new meanings when interpreted by audiences from different backgrounds or in changing time contexts. Visual literacy is essential in this process, as the ability to read and understand visual cues determines how deep an essay's photo narrative can be appreciated. Additionally, this article explores how essay photos reflect the culture that gave birth to them and play a role in the process of transmitting cultural values to a wider audience. With the advancement of technology and AI, the way we design and interpret essay photos is also changing, further enriching the dialogue between the work and its audience. Essay photos are not only a visual archive, but also an active medium that continues to live in dynamic interaction with technology and cultural developments. An understanding of the cultural context, good visual literacy, and awareness of the influence of modern technology are necessary to appreciate the depth of the story in the essay photo. Essay photos can evoke new meanings over time, making them a dynamic and relevant medium in a variety of contexts.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brubaker, J. R., Aakhus, M., & Xu, X. (2019). Impacts of mobile use and experience on contemporary society. In Impacts of mobile use and experience on contemporary society. Information Science Reference/IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7885-7
Buckingham, D. (2007). Media education: Literacy, learning and contemporary culture. Polity Press.
Elkins, J. (2013). Visual studies: A skeptical introduction. In Visual Studies: A Skeptical Introduction. https://doi.org/10.4324/9780203700587
Hall, S. (2013). Representation: Cultural Represenation and Signifying Practices. The Open University.
Happy, H. R. D., & Verdiana, E. O. (2022). Visualisasi “Nriman” sebagai Seni Ekspresi Visual dengan Teknik Fotografi Makro. Nirmana, 22(2), 129–136. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.129-136
Harcourt, S. (2021). Visual Literacy: A Guide for Teachers. Routledge.
Haskin, E., Psomadaki, O., Dimoulas, C., Kalliris, G., & Paschalidis, G. (2018). Visual Narratives: The Power of Images in Storytelling. Journal of Media Studies. Journal of Cultural Heritage, 36. https://doi.org/10.1016/j.culher.2018.07.016
Manovich, L. (2013). Software takes command. Bloomsbury Academic.
Mitchell, W. (2015). Image Science: Iconology, Visual Culture, and Media Theory. University of Chicago Press.
Sondheim, A. (1976). Umberto Eco, A Theory of Semiotics . Art Journal. https://doi.org/10.1080/00043249.1977.10793351
Verdiana, E. O., Warsaa, Y. W. S., & Happy, H. R. D. (2023). Katalog Foto Produk Fanschant Store di Kota Malang Sebagai Media Promosi. Cipta, 1(3). https://doi.org/10.30998/cpt.v1i3.1798
Yang, Y. (2020). Visual Literacy in Higher Education: An Exploration of Practices and Perspectives. International Journal of Art & Design Education.
Zhao, Q. (2022). Cultural Transmission and Its Impact on Visual Communication. Visual Communication Quarterly.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i1.15551
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.