PENGARUH PENGGUNAAN FOTOGRAFI DALAM POSTER FILM 5 CM TERHADAP MINAT PENONTON

Muhammad Rafii Fediansyah

Abstract


Dewasa ini, poster merupakan salah satu media informasi yang banyak digunakan sebagai media promosi, pemberi pesan, dan alat propaganda. Berkaca pada sejarahnya, poster juga menjadi media komunikatif terhadap masyarakat. Tak terkecuali bagi para seniman dan insan perfileman yang menggunakan media poster sebagai alat untuk mempromosikan karya filmnya. Penggunaan fotografi di dalamnya pun menjadi suatu elemen penting yang tak dapat dilewatkan. Dimana hal ini dapat menjadi faktor kunci dalam keberhasilan penyampaian pesan suatu poster, khususnya poster promosi film. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh penggunaan fotografi dalam poster film 5 cm terhadap minat menonton dan rasa ingin tahu masyarakat dengan menggunakan metode likert dan mendapatkan hasil bahwa penggunaan fotografi dalam poster film 5 cm berpengaruh positif terhadap minat penonton.


Keywords


poster, photography, lickert scale

Full Text:

PDF

References


Buku

Priyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo, Pustaka Belajar.

Karyadi, B. (2017). Fotografi: Belajar Fotografi, NahlMedia.

Zijlstra, T (2015). The Return of the Movie Poster Art: A Comparison of Hollywood Poster Design and its Contemporary Opposing Force, Amsterdam, VU Univesity.

Putra, N. (2012). Reaserch and Developmet Penelitian dan Pengembangan, suatu pengantar. Depok, Rajawali Pers.

Ruth E.I., 2014, The Poster: Art, Advertising, Design, and Collecting, 1860-1900s, Dartmouth College Press.

Ervine M., 1963, The Poster: Its History and Its Art, Watson-Guptill: Univerity of Michigan

Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian

Nurochim, Asfan. (2006). “Fotografi Dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi Tentang Masalah Pathologi Sosial Di Surakarta”.(Skripsi). Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Lippert, A (2017). "What is a poster?". artikel. Poster House.

Jurnal

Candra. Cynthia Chandra. Natalia. Shelvi. dan Rika Lestari. Kutipan: Analisis Desain Poster Film Horor Indonesia dalam Kaitannya dengan Minat Penonton, hlm. 39-45.

Widitiarsa Utoyo, Arsa. (2020). " Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19." Jurnal Lugas Vol.4, No.1,Juni 2020, hlm.35-42.

Ali Rahmat, A., Maya Purnama, S. (2020). Pengenalan Kebudayaan Indonesia melalui Fotografi pada Akun Instagram “KWODOKIJO”. Jurnal Pendidikan Multimedia Vol. 2, No. 2 (2020), pp. 111–120.

Maya Purnama, S., Refia Lia, N., Leni, A. (2020). Analisis Semiotika pada Billboard Campaign A Mild ‘Nanti Lo Juga Paham’. Jurnal Pendidikan Multimedia Vol. 2, No. 1 (2020), pp. 19-27.

Widya N., 2008, Semiotika Horror dalam Poster Film. Leksika Vol.2 No.2. Agustus 2008: 56-64

Aniendya C. dan Moeljadi P., 2010, Karakteristik Desain Poster Film Animasi Amerika Serikat. Jurnal Desain omunikasi Visual Nirmana, Vol. 12. No. 1, Januari 2010: 26-35.

Pustaka Laman

Lexico.com. (2012). “Definition of poster”. Lexico Oxford Dictionary. Tersedia pada https://www.lexico.com/en/definition/poster Diakses pada 6 Juni 2020.




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v5i1.5495

Article Metrics

Abstract view : 966 times
PDF - 877 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.