spectā: Journal of Photography, Arts, and Media

spectā: Journal of Photography, Arts, and Media merupakan sebuah jurnal untuk menampung hasil penelitian dan penciptaan seni para akademisi dan praktisi fotografi yang kian hari semakin bertambah banyak dan beragam. Seni dan teknik Fotografi yang semakin maju dan berkembang menimbulkan ide, gagasan, wacana, dan kritik yang bernuansa akademik dan harus mendapatkan wadah yang sesuai untuk memuat semua artikel ilmiah yang dihasilkan. Fotografi yang merupakan perluasan dan pengembangan teknologi lukis, erat hubungannya dengan dunia seni pada umumnya dan lekat juga dengan ranah media. Jurnal ini akan menjadi sarana tampung yang tepat, sesuai dalam kajian dan penciptaan seni fotografi, pembacaan kajian seni serta media. Jurnal spectā diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu Mei dan November, dan dikelola oleh Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia (ADSMRI) dan Asosiasi Program Studi Fotografi Indonesia (SOFIA).

ISSN: 2614-3477 (CETAK)   ||   ISSN: 2615-0433 (ONLINE)

 


Announcements

 

CALL FOR PAPER JURNAL spectā

 

Redaksi jurnal spectā mengundang para dosen, mahasiswa, peneliti, pemerhati, praktisi, dan pegiat fotografi, seni, dan media untuk mengirimkan artikel hasil penelitian atau penciptaan untuk diterbitkan dalam Vol.4, No.1 Mei 2020.

Jurnal spectã dikelola oleh Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia (ADSMRI) dan Asosiasi Program Studi Fotografi Indonesia (SOFIA).

Pengiriman artikel dapat dilakukan paling lambat Jumat, 14 Februari 2020.

Jurnal spectā:  menerima artikel dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan karya ilmiah orisinal yang belum pernah dipublikasikan secara formal sebelumnya oleh jurnal atau media lainnya.
  2. Artikel merupakan hasil penelitian, kajian, aplikasi teori, tinjauan buku, tinjauan media, tinjauan seni dengan fotografi sebagai objek kajian yang setara dengan hasil penelitian.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah bahasa Indonesia baku atau dalam bahasa Inggris baku. 
  4. Ketentuan penulisan artikel adalah sebagai berikut:
    1. Diketik dengan jenis huruf Bookman Old Style , ukuran huruf 11 poin, spasi 1,5.
    2. Panjang artikel 3550-5500 kata (17-25 halaman), kertas kuarto/A4.
    3. Sistematika penulisan artikel adalah sebagai berikut:
      1. Judul harus singkat, jelas, informatif dan tidak melebihi 15 kata.  Diketik dengan ukuran huruf 14 poin dan dicetak tebal. Judul bagian dan subbab diketik menggunakan ukuran huruf 11 poin dan dicetak tebal.
      2.  Nama (-nama) penulis ditulis tanpa gelar akademik dengan disertai nama institusi dan alamat korespondensi (alamat institusi, nomer telepon, dan surel pribadi).
      3. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata dengan memuat tujuan penelitian, metode, hasil, dan saran.  Diketik dengan ukuran huruf 11 poin, spasi 1.  Kata kunci dan keywords  terdiri dari 3-5 dalam satu baris.
      4. Pendahuluan bersifat uraian tanpa subbab yang terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, teori, metode, dan kontribusi hasil penelitian yang telah dilakukan.
      5. Pembahasan disajikan secara jelas dalam subbab-subbab dengan argumentasi logis.  Temuan dengan pengamatan atau hasil penelitian sebelumnya dapat saling dihubungkan dengan menunjukkan persamaan atau perbedaannya.
      6. Simpulan disajikan sebagai jawaban kritis dan konklusif atas permasalahan yang dijadikan fokus penelitian dan dianggap bersifat mutakhir.  Saran dan rekomendasi dapat disertakan bila dianggap perlu.
      7. Kepustakaan diutamakan dari sumber jurnal atau pustaka terbaru dan tertera dalam artikel.  Ditulis secara alfabetis dengan mengacu kepada  APA (American Psychological Association)

Contoh Kepustakaan:

Contoh:

 

Buku

Soedjono, Soeprapto. (2007). Pot-pourri fotografi. Jakarta: Penerbit UniversitasTrisakti.

Skripsi, Tesis, Disertasi

Benamou, March. (1999). “Rasa in Javanese musical aesthetics”. (Disertasi). Michigan, University of Michigan.

Jurnal

Bogren, Alexandra. (2016). "Gender and alcohol: The Swedish Press Debate." Journal of Gender Studies 20, no. 2, hlm. 155-69.

Mitchell, J.A. (2017). Kutipan: Why is it so important. Mendeley Journal, 67(2), 81-95. Retrieved from https://www.mendeley.com/reference-management/reference-manager

Bent, Henry E. (2007). "Professionalization of the Ph.D. Degree.” College Composition and Communication 58, no. 4, hlm. 0-145. Diakses pada 5 Desember, 2008, dari http://www.jstor.org/stable/1978286.

Laman

Porter, C. (1998). GVU's 8th WWW user survey. Diakses pada 8 Juli, 2019, dari http://www.cc.gatech.edu/gvu/usersurveys/survey1997-10/

  1. Pengutipan sumber dan catatan berupa referensi ditulis secara lengkap sebagai catatan perut (bodynote), sedangkan informasi lain yang dianggap penting dan harus dicantumkan dapat ditulis sebagai catatan akhir (endnote).
  2. Untuk tulisan terjemahan harap menyertakan fotokopi karya asli dan sumbernya.
  3. Jika menggunakan foto, gambar, atau tabel sebagai ilustrasi,keterangan supaya ditulis dengan lengkap.
  4. Redaksi berhak mengubah susunan kata, kalimat, dan format, tanpa mengubah isi artikel.

10. Kepastian pemuatan artikel diberitahukan kepada penulis melalui surel. Artikel yang tidak dimuat akan menjadi milik redaksi.

11. Penulis wajib melakukan revisi bila diperlukan sesuai anjuran dan saran redaksi dan mitra bebestari.

12. Artikel dikirim dengan progam pengolah kata Windows MS Word melalui Open Journal System.

 

 
Posted: 2019-07-25
 
More Announcements...

Vol 3, No 1 (2019): spectã: Journal of Photography, Arts, and Media

Jurnal spectā merupakan sebuah jurnal untuk menampung hasil penelitian dan penciptaan seni para akademisi dan praktisi fotografi yang kian hari semakin bertambah banyak dan beragam. Seni dan teknik Fotografi yang semakin maju dan berkembang menimbulkan ide, gagasan, wacana, dan kritik yang bernuansa akademik dan harus mendapatkan wadah yang sesuai untuk memuat semua artikel ilmiah yang dihasilkan. Fotografi yang merupakan perluasan dan pengembangan teknologi lukis, erat hubungannya dengan dunia seni pada umumnya dan lekat juga dengan ranah media. Jurnal ini akan menjadi sarana tampung yang tepat, sesuai dalam kajian dan penciptaan seni fotografi, pembacaan kajian seni serta media. Jurnal spectā diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu Mei dan November, dan dikelola oleh Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia (ADSMRI) dan Asosiasi Program Studi Fotografi Indonesia (SOFIA).

Table of Contents

Fotografi dan Media

Afusa Nidya Kinasih
PDF
1-10
Alan Ridho Irezalnov, Irwandi Irwandi, Arti Wulandari
PDF
11-19
Morinda Lismawarta Citrifolia, Pamungkas Wahyu Setiyanto, Kusrini Kusrini
PDF
20-29
Gressandy Rangga Irawan, Edial Rusli, Adya Arsita
PDF
30-38
Febriansyah Ignas Pradana
PDF
39-49
Alfian Rizal Andre Ciputra, Pitri Ermawati, Syaifudin Syaifudin
PDF
50-60
Tiara Sekar Adhitia, M. Kholid Arif Rozaq, M. Fajar Apriyanto
PDF
61-72