Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Sekar Pudyastuti dan Relevansinya dalam Pembelajaran Seni
Abstract
Abstrak
Pada saat ini anak-anak kurang memahami dan mengerti tentang nilai karakter dan kurangnya melestarikan kesenian daerah seperti seni tari klasik. Menarikan tari klasik tanpa mengetahui isi atau pesan yang ingin disampaikan pencipta tari merupakan permasalahan yang dialami pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Tari Sekar Pudyastuti dan relevansinya dalam pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara narasumber, dan dokumentasi yang sudah dimiliki oleh sanggar. Sumber data dalam penelitian yaitu ketua sanggar, pamong/guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Sekar Pudyastuti merupakan tarian yang bertemakan rasa syukur dan doa kepada Tuhan. Tari Sekar Pudyastuti mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada gerak tari, kostum tari, dan lagon/gérongan. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi nilai religius, tanggung jawab, toleransi, disiplin, demokratis, rasa dan karsa, rendah hati, mawas diri, dan filosofi kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan pada Tari Sekar Pudyastuti memiliki relevansi dengan pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Atas sehingga relevan dijadikan materi pembelajaran.
Abstract
At this time, children do not understand the value of character and lack of preserving traditional arts such as classical dance. Dancing classical dance without knowing the content or message the dance creator wants to convey is a problem today. This study describes the values of character education in the Sekar Pudyastuti Dance and their relevance in learning arts and culture. This research is a qualitative descriptive study. The data collection techniques used are observation, interviews with sources, and documentation that the studio already owns. The study's sources of data were the head of the studio, tutors/teachers, and students. The results showed that the Sekar Pudyastuti Dance was a dance with the theme of gratitude and prayer to God. The Sekar Pudyastuti dance contains character education values in dance moves, costumes, and music/vocal. The character education values include religious values, responsibility, tolerance, discipline, democracy, taste and intention, humility, introspection, and the philosophy of human life. The educational importance of the Sekar Pudyastuti Dance has relevance to learning arts and culture in high school so that they are relevant as learning materials.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Anni, Catharina T., & Rifai, Achmad. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Jakarta: Balai Pustaka.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lintang, A. D., Sarjiwo, & Iswantara, N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Langen Carita Lakon Patine Arya Penangsang. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(1), 32–39. Retrieved from https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i1.4918
Pasya, S. A. N., Probosini, A. R., & Djatmiko, G. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Getak di Rumah Seni Madhu Ro’om Pamekasan Madura. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(2), 33–41. https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i2.5526
Sasmintamardawa, R. ., & Pamong SMKI Yogyakarta. (1983). Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Bagian proyek Peningkatan Sekolah Menengah Karawitan Indonesia Yogyakarta.
Soedarsono. (1992). Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutardjo, A. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Press.
Yayasan Siswa Among Beksa. (1982). Kawruh Joged Mataram. Yogyakarta: Yayasan Siswa Among Beksa.
DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v2i1.5543
Article Metrics
Abstract view : 864 timesDOWNLOAD PDF - 509 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hanifah Winda Damayanti, Sarjiwo Sarjiwo, Agustina Ratri Probosini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
View IJOPAED Stats |