Penerapan Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Tari di Sekolah Menengah Pertama

Ira Shafira Kaban, Dilla Octavianingrum, Gandung Djatmiko

Abstract


Abstract

Online dance art education requires the best learning process so that the delivery of material about space, time, and energy as elements of dance can be conveyed. The Picture and Picture method is a method that uses image media aids to explain or explain the material. This learning method prioritizes the existence of groups to sort the pictures into the correct order. This study aims to describe learning using the Picture and Picture method and determine dance learning changes. This research was conducted in class VII of SMP Negeri 1 Sewon. This study uses a qualitative descriptive research method. Data collection was obtained from observation, interviews, and documentation. Data analysis uses qualitative analysis presented in narrative text. The research results show that the dance learning process using the Picture and Picture method runs smoothly. The students experienced an increase and showed much interaction from what was initially passive. Online dance art learning becomes active by using the Picture and Picture method..

 

Abstrak

Pendidikan seni tari secara daring membutuhkan proses pembelajaran terbaik agar penyampaian materi ruang, waktu, dan tenaga sebagai elemen tari dapat tersampaikan. Metode Picture and Picture merupakan metode yang menggunakan alat bantu media gambar untuk menerangkan atau menjelaskan materi. Metode pembelajaran ini mengutamakan adanya kelompok-kelompok untuk mengurutkan gambar menjadi urutan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dan mengetahui adanya perubahan dalam pembelajaran tari. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari dengan menggunakan metode Picture and Picture berlangsung dengan lancar. Para siswa mengalami peningkatan dan menunjukkan banyak interaksi dari yang semula pasif. Pembelajaran seni tari daring menjadi aktif dengan menggunakan metode Picture and Picture.  

 


Keywords


pembelajaran tari; picture and picture; pembelajaran daring; pembelajaran seni.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Astuti, F. (2016). Pengetahuan dan Teknik Menata Tari untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumastuti, E. (2010). Pendidikan Seni Tari melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1–15. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/61

Meri, L. (1981). Dance Composition: The Basic elements (Komposisi Tari: Elemen-Elemen Dasar) (R. M. Soedarsono, Ed.). Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Pratama, U. N., & Herbekti, S. (2021). Penilaian Presentasi Infografis Materi Pedagogi Seni Pertunjukan untuk Mendukung Pembelajaran Zoom Meeting. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 61–71. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4888

Pratama, U. N., Surahman, E., & Hartoto. (2021). Perceptions of Performing Arts Education Students’ on Infographic-based Presentations as Learning Media for Online Meeting Video. Proceedings - 2021 7th International Conference on Education and Technology, ICET 2021, 140–146. https://doi.org/10.1109/ICET53279.2021.9575085

Purnomo, E., Haerudin, D., Rohmanto, B., & Juih, J. (2017). Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sitompul, T. A. (2017). Pembelajaran Musik pada Siswa Tunagrahita Menggunakan Metode Picture and Picture di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1), 1–15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/20996

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tamutu, C. (2019). Pembelajaran Motif Gerak Tari Melalui Model Picture and Picture di Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo (Universitas Negeri Gorontalo). Retrieved from https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/341413002/pembelajaran-motif-gerak-tari-melalui-model-picture-and-picture-di-kelas-viii-smp-negeri-2-telaga-kabupaten-gorontalo.html




DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v2i2.6762

Article Metrics

Abstract view : 284 times
DOWNLOAD PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ira Shafira Kaban, Dilla Octavianingrum, Gandung Djatmiko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:



View IJOPAED Stats