Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Paduan Suara dengan Metode Euritmika Dalcroze di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta

Dio Brevi Fonda, Dilla Octavianingrum, Hana Permata Heldisari

Abstract


Abstract

The problem underlying this research is that many students need help becoming skilled at singing choirs due to the lack of variation in the learning methods used. This study aims to determine the impact of applying the Dalcroze Eurythmic method to choral singing skills. The classroom action research design was carried out using a mixed methods approach. Data collection techniques with observation, interviews, questionnaires, and skills tests. The validation technique in this study used technical triangulation, content validation, and construct validation. The reliability test was carried out quantitatively with the alpha formula. Data analysis using descriptive qualitative and quantitative. The results showed increased singing skills in the extracurricular choir at SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. From the pre-cycle treatment - cycle I result, it was found that the percentage of students' completeness was 36.67%. Furthermore, in cycle I - cycle II, there was a change in the percentage of student completeness by 83.33%. Based on changes in the value of student learning outcomes, there is a significant increase due to the implementation of Eurythmic Dalcroze as a learning method to sing.

Abstrak

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk terampil bernyanyi paduan suara, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode Euritmika Dalcroze dalam keterampilan bernyanyi paduan suara. Desain penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan pendekatan metode campuran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, validasi isi, dan validasi konstruk. Uji reliabilitas dilakukan secara kuantitatif dengan rumus alfa. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bernyanyi pada ekstrakurikuler paduan suara SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Dari hasil perlakuan prasiklus - siklus I ditemukan persentase ketuntasan siswa sebanyak 36,67%. Selanjutnya pada siklus I - siklus II terjadi perubahan persentase ketuntasan siswa sebanyak 83,33%. Sehingga berdasarkan perubahan nilai hasil belajar siswa tersebut ternyata ada peningkatan signifikan karena implementasi Euritmika Dalcroze sebagai metode belajar bernyanyi.


Keywords


euritmika Dalcroze; paduan suara; metode pembelajaran; pembelajaran musik.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amelia, R. (2019). Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta (Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/5943/4/JURNAL.pdf

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.; A. Fawaid & S. Z. Qudsi, Eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dissanayake, E. (2000). Art and Intimacy: How the Arts Began. Washington, DC: University of Washington Press.

Hakim, N., & Salamah, H. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Revka Petra Media.

Heldisari, H. P. (2020). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 468–478. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28223

Heldisari, H. P., & Ramadhan, M. I. (2021). Development of Pitch, Tempos, and Dynamics Learning Materials in Music Learning Based On Dalcroze Eurhythmics. Jurnal Seni Musik, 10(2), 117–123. Retrieved from https://doi.org/10.15294/jsm.v10i2.48332

Kodijat, L. (1989). Istilah-Istilah Musik. Jakarta: Djambatan.

Nainggolan, O. T. P. (2015). Peranan Metode Eurhythmics Terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16(3), 117–124. Retrieved from https://doi.org/10.24821/resital.v16i3.1677

Saminanto. (2012). Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: Rasail Media Group.

Serani, G. (2019). Euretmika Dalcroze dan Relevansinya Bagi Pengembangan Kecerdasan Musikal Anak di PAUD. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 60–75. Retrieved from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/766/

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v2i2.7511

Article Metrics

Abstract view : 121 times
DOWNLOAD PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dio Brevi Fonda, Dilla Octavianingrum, Hana Permata Heldisari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



View IJOPAED Stats