Fungsi Lagu Dangdut Koplo Modern bagi Kehidupan Remaja: Tinjauan SMPN 5 Kebumen

Damar Arum Prili Anggara

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi kepopuleran musik dangdut. Teknologi internet mendorong banyaknya platform media sosial di segala aspek kehidupan masyarakat. Musik dangdut bertransformasi menjadi musik yang dapat diterima semua lapisan masyarakat karena adanya pengaruh media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Youtube. Musik dangdut koplo tersaji dengan warna genre musik lain. Kepopuleran lagu dangdut koplo modern mendapatkan tempat tersendiri bagi siswa-siswi di SMPN 5 Kebumen. Fungsi lagu dangdut koplo moderen bagi mereka adalah sebagai sarana hiburan, sarana pendidikan, dan sarana ungkapan emosional. Lagu dangdut adalah hiburan untuk menghilangkan kepenatan setelah melaksanakan pembelajaran dan aktivitas sehari-hari. Lagu dangdut menjadi salah satu materi pembelajaran pada jenjang SMP. Melalui dangdut murid dapat mengapresiasi karya dan menambah pengetahuan unsur musik. Lebih lanjut, lagu dangdut juga memiliki lirik lagu yang menarik dan dapat meluapkan emosi yang sesuai dengan perasaan hati.

 

Abstract

The development of information technology affects the popularity of dangdut music. Internet technology drives the number of social media platforms in all aspects of people's lives. Dangdut music has transformed into music that all levels of society can accept due to the influence of social media such as TikTok, Instagram, and Youtube. Dangdut Koplo's music is presented with the colors of other musical genres. The popularity of modern dangdut koplo songs has a special place for students at SMPN 5 Kebumen. The function of modern dangdut koplo songs for them is as a means of entertainment, educational means, and emotional expression. Dangdut songs are entertainment to relieve fatigue after carrying out learning and daily activities. Dangdut songs are one of the learning materials at the junior high school level. Through dangdut, students can appreciate works and increase their knowledge of musical elements. Furthermore, dangdut songs also have exciting lyrics and can evoke emotions that match the feelings of the heart.

 


Keywords


dangdut koplo; music function; social media; music learning.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abrar, A. N. (2003). Teknologi Komunikasi: Perspektif ilmu Komunikasi. LESFI.

Ahyani, L. N., & Astuti, R. D. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Aulia, M. H. (2021). Pembentukan Selera Musik Dangdut Remaja Kelas Menengah-Atas Perkotaan di Yogyakarta dalam Perspektif Pierre Bourdieu [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/8806/

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.g21

GoodStats. (2022). Daftar Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022. GoodStats. https://goodstats.id/infographic/media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-JpfD1

Hastutiningtyas, W. R., Maemunah, N., & Lakar, R. N. (2021). Gambaran Karakteristik Siswa SMP dalam Mengontrol Emosional Di Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.33366/nn.v5i1.2269

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291–296. https://media.neliti.com/media/publications/154456-ID-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-me.pdf

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (P. I. Izzati (ed.)). Salemba Humanika.

Merriam, A. P. (1980). The Anthropology of Music. Northwestern University Press.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2019). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya (18th ed.). Gadjah Mada University Press.

Prahesti, V. D. (2021). Analisis Tindakan Sosial Max Weber dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik MI/SD. An-Nur: Jurnal Studi Islam, 13(2), 137–152. https://doi.org/10.37252/annur.v13i2.123

Rahmanda, N. T. (2018). Perkembangan dan Dampak Musik Dangdut Koplo Bagi Remaja di Desa Pendowoharjo Bantul [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/4284/

Soedarsono, R. M. (2001). Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Wadiyo. (2004). Musik Dangdut di Kalangan Remaja Kota Semarang. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 5(3). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/819

Weintraub, A. N. (2010). Dangdut Stories: A Social and Musical History of Indonesia’s Most Popular Music. Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v3i1.9093

Article Metrics

Abstract view : 2349 times
DOWNLOAD PDF - 773 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Damar Arum Prili Anggara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:



View IJOPAED Stats