MRABAWATI: REPRESENTASI EMANSIPASI WANITA DALAM KOMPOSISI KARAWITAN

Odhya Rahma Hardhiyanti, Asep Saepudin

Abstract


Dalam pertunjukan karawitan tardisional, perempuan masih diianggap dan selalubidentiik sebagai pesinden saja, sehingga sanggat jarang menemukan mereka memainkan instrumen-instrumen penting seperti misalnya gender, kendang, rebab, dan seterusnya. secara implisit, fenomena ini bentuk halus diskriminasi tidak langsung terhadap perempuan. Di sisi lain, banyak perempuan yang mampu memainkan instrumen gender, rebab, kendang, dan lainnya secara baik. Oleh sebab itu, karya komposisi ini hadir sebagai bentuk perjuangan terhadap kesetaraan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan makna emansipasi wanita melalui karya komposisi karawitan yang berjudul Mrabawati. Berangkat dari pengalaman personal penulis di lingkungan pendidikan dan organisasi karawitan, ditemukan adanya kesenjangan gender dalam peran perempuan sebagai pengrawit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta melalui tahapan pra garap, garap, dan pasca garap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan memiliki potensi yang setara dalam memainkan gamelan dan mampu menjadi simbol kewibawaan dalam karya seni. Melalui eksplorasi unsur musikal, ritme, dan dinamika, karya Mrabawati berhasil menampilkan perempuan tidak hanya sebagai sinden, namun juga pengrawit aktif dalam pertunjukan karawitan.

 

Kata kunci: Mrabawati, emansipasi, kesenjangan gender, komposisi karawitan


Full Text:

PDF

References


Nurhasanah and Zuriatin, “Gender dan Kajian Teori Tentang Wanita,” Edusociata J. Pendidik. Sosiol., vol. 6, no. 1, pp. 282–291, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/1190/683

L. Zuhriyah, “Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak,” vol. 1, 2018.

I. A. Fitria, T. Haryono, and V. I. Yulianto, “Permainan Stereotipe Gender : Studi Kasus Performativitas dalam Pertunjukan Wayang Kulit Ki Seno Nugroho in the Performance of Ki Seno Nugroho ),” vol. 5, no. 1, pp. 67–81, 2021.

S. Yayat, “Perempuan dalam Seni Pertunjukan,” J. Seni Pertunjuk., vol. 1, 2003.

C. Mustikawati, “Pemahaman Emansipasi Wanita,” J. Kaji. Komun., vol. 3, no. 1, pp. 65–70, 2015, doi: 10.24198/jkk.vol3n1.8.

A. Nunuk P. Murniati, Getar Gender; Buku Kedua (Perempuan Indonesia dalam Perspektif Agama, Budaya, dan Keluarga), 2nd ed. Magelang: Yayasan IndonesiaTera, 2004.

S. Kholisoh, “Konsep Pendidikan Perempuan R.A. Kartini Dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang,” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, 2016.

I. A. Fitria, “Seni dan Relasi Kuasa: Studi Kasus Performativitas Sinden dalam Pertunjukan Wayang Kulit Ki Seno Nugroho,” Universitas Gadjah Mada, 2021.

Pertiwi Desti, “Lindur,” Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2017.

J. Creswell W., Penelitian Kualitatif & Desain Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

M. P. Ni’matuzahroh, S.Psi, M.Si, Susanti Prasetyaningrum, OBSERVASI: TEORI DAN APLIKASI DALAM PSIKOLOGI. UMMPress, 2018.

Patricia Swalika Irawan, D. A. Fikri, and D. P. Lestarikan, “Identifikasi Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kesenjangan Gender Dalam Akses Dan Partisipasi Pendidikan Tinggi Di Indonesia,” J. Kaji. Huk. Dan Kebijak. Publik, vol. 22, no. 1, pp. 493–499, 2024.

T. Hermawati, “Budaya Jawa dan Kesetaraan Gender,” J. Komun. Massa, vol. 1, no. 1, pp. 18–24, 2007, doi: 10.1111/j.1523-1739.2010.01600.x.

P. Maulid, “Analisis Feminisme Liberal terhadap Konsep Pendidikan Perempuan (Studi Komparatif antara Pemikiran Dewi Sartika dan Rahmah El-Yunusiyyah),” J. Ris. Agama, vol. 2, no. 2, pp. 305–334, 2022, doi: 10.15575/jra.v2i2.17534.

Webtografi

Karya komposisi tugas akhir Jurusan Karawitan FSP ISI Yogyakarta berjdul “Cendayam” oleh Yogi Gansar A.

https://youtu.be/HbDVl0Nh4OQ?si=B2QXQdL_8QRcHJSM

Karya komposisi tugas akhir Jurusan Karawitan FSP ISI Yogyakarta berjdul “Lindur” oleh Desti Pertiwi.

https://youtu.be/z9EIE63-JoI?si=EXPhLYpJkDFYeiDk

Ketawang Kartini kalajengaken Ladrang Kartini laras pelog pathet lima. Karya R.C. Hardjosubroto

https://youtu.be/rIUxLQE9sTE?si=nzyDCM_fxBeLfi9q


Refbacks

  • There are currently no refbacks.