Focus and Scope
Journal of Animation and Games Studies adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel orisinal mengenai pengetahuan, kajian, produksi, penelitian, maupun penerapan penelitian serta pengembangan lain di bidang game dan animasi. Topik yang termasuk dalam bidang keilmuan jurnal ini ialah sebagai berikut:
- kajian animasi
- kajian game
- interaksi manusia dan komputer
- produksi game dan film animasi
- kecerdasan buatan
- seni lintas media
- kehidupan digital
JAGS dipublikasikan secara periodik dua kali setahun. Di dalam jurnal ini terdapat artikel-artikel dari hasil penelitian dan/atau kajian kritis mengenai animasi dan game yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari berbagai macam perguruan tinggi maupun beragam lembaga penelitian. JAGS memiliki ISSN cetak dengan nomor 2460-5622 sejak tahun 2015 dan mempunyai halaman versi daring sejak terbitan Volume 1 Nomor 1 April 2015 dengan nomor ISSN 2502-499x.
Section Policies
Artikel Khusus
Artikel pilihan dari kegiatan-kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Artikel ini tidak akan melewati proses review dari mitra bestari JAGS karena telah mengalami proses review ketika artikel ini disubmit ke seminar akademik yang bersangkutan.
Editors- Tegar Andito
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Artikel
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Tiap-tiap artikel yang telah di-submit kepada penyunting JAGS akan diperiksa kelayakannya dalam hal format dan scope yang ada dalam Journal of Animation & Games Studies. Setelah pemeriksaan, artikel akan diteruskan ke dalam proses peer review yang dilakukan oleh 1 atau 2 orang mitra bestari berdasarkan topik dan bidang kecendekiawanan mitra bestari. Jika terdapat masukan maupun permintaan revisi dari mitra bestari, hasil dari review akan dikembalikan kepada penulis untuk keperluan revisi. Revisi wajib dilakukan oleh penulis jika terdapat masukan maupun permintaan revisi dari mitra bestari.
Jika revisi yang telah dilakukan memenuhi permintaan revisi dan masukan yang ada, maka artikel akan diterima dan akan dilanjutkan ke dalam proses penyuntingan agar dapat siap untuk terbit. Jika belum memenuhi, maka penyunting akan mengembalikan lagi artikel kepada penulis untuk revisi lebih lanjut.
Open Access Policy
Jurnal of Animation and Games Studies (JAGS) menyediakan akses terbuka sepenuhnya terhadap seluruh konten yang ada. Akses terbuka ini diterapkan atas prinsip untuk menjadikan riset yang ada tersedia secara bebas kepada publik dan mendukung pertukaran ilmu pengetahuan secara global.
Archiving
Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem arsip yang terdistribusi di antara perpustakaan-perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan-perpustakaan tersebut untuk membuat arsip jurnal yang permanen untuk tujuan perbaikan dan pemeliharaan. Lebih lanjut...
Etika Publikasi
Terdapat stadar etis untuk publikasi untuk memastikan publikasi ilmiah yang berkualitas tinggi, kepercayaan publik terhadap temuan ilmiah, dan orang-orang yang mendapat penghargaan terhadap gagasan mereka. Sangat penting untuk menghindari hal-hal sebagai berikut:
Pemalsuan data dan fabrikasi data (isapan jempol)
Fabrikasi data atau isapan jempol berarti peneliti tidak secara sesungguhnya melakukan studi, namun hanya mengarang data. Pemalsuan data atau falsifikasi data berarti peneliti melakukan eksperimen, namun mengubah beberapa data sehingga tidak sesuai dengan hasil sesungguhnya.
Plagiarisme
Membicarakan gagasan atau karya orang lain tanpa memberikan penghargaan atau tanpa menyebutkan nama orang lain tersebut merupakan perbuatan yang tidak adil dan tidak jujur. Menyalin bahkan hanya satu kalimat dari tulisan seseorang lain, yang telah anda buat sendiri sebelumnya yang telah dipublikasikan, tanpa pengutipan yang benar dapat dianggap plagiarisme. Untuk menghinarinya, gunakanlah kata-kata anda sendiri.
Catatan: Sejak terbitan Volume 6 nomor 2 Oktober 2020, JAGS menggunakan alat pemeriksa plagiasi Turnitin untuk mengetahui tingkat plagiasi dari artikel yang disubmit.
Multiple submission
Tidak etis untuk men-submit tulisan di beberapa tempat secara bersamaan. Perbuatan ini dapat membuang-buang waktu penyunting dan mitra bestari, dan merusak reputasi jurnal-jurnal yang bersangkutan jika terpublikasikan di lebih dari satu tempat.
Publikasi mubazir (redundant publication atau 'salami' publication)
Yang dimaksud publikasi mubazir adalah mempublikasikan banyak manuskrip yang mirip dengan satu sama lain berdasarkan satu eksperimen yang sama. Hal ini dapat menyebabkan pembaca kurang tertarik terhadap manuskrip anda.
Kontribusi dan pengatributan pengarang secara tidak tepat
Hanyalah nama-nama yang sungguh-sungguh berkontribusi signifikan secara ilmiah di dalam manuskrip dan menyetujui seluruh klaim yang ada di dalamnya yang dapat dimasukkan ke dalam daftar nama penulis. Jangan lupa untuk memasukkan nama-nama siapa saja yang berkontribusi signifikan secara ilmiah, termasuk misalnya murid/mahasiswa maupun teknisi laboratorium.