Pembuatan Game Investigasi Kejahatan 3D Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle

Muhammad Raja Firdaus, Mursyidah Mursyidah, Atthariq Atthariq

Abstract


Game “Detective Story” merupakan jenis genre Investigasi Kejahatan yang memberikan pengalaman bermain lebih menantang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game “Detective Story” menjadi game yang sulit dimainkan dengan menambahkan kecerdasan buatan menggunakan algoritma “Fisher-Yates Shuffle” yang diterapkan pada objek bukti dalam game tersebut. Pada penelitian ini hasil yang diperoleh dengan menggunakan algoritma “Fisher-Yates Shuffle” berhasil mengacak beberapa objek bukti. Dengan diterapkannya pengacakan pada objek bukti menyulitkan pemain untuk memprediksi lokasi bukti saat permainan dimulai ulang, fitur cloud yang disediakan juga memungkinkan pengguna untuk bermain di smartphone online dimana saja.


Keywords


Permainan; Awan; Algoritma Fisher Yates Shuffle; Investigasi Kejahatan

Full Text:

PDF

References


Abdi Suhazli, A. A. (2017). Game Puzzle “Numbers in English”Berbasis Android Dengan Metode Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Potongan Gambar. Jurusan Tekniknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Adam Rizal. (2021, June 27). Nih! Contoh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada Video Game. Https://Infokomputer.Grid.Id/Read/122760831/Nih-Contoh-Penggunaan-Artificial-Intelligence-Ai-Pada-Video-Game?Page=all.

Agus Dwi. (2022, June 17). Identifikasi Berbagai Jenis Algoritma Pengacakan. Https://Www.Sainskomputer.Com/2022/07/Identifikasi-Jenis-Algoritma-Pengacak.Html.

Cahyaningrum, R., & Sarjuna Batubulan, K. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE FISHER-YATES SHUFFLE DAN FUZZY TSUKAMOTO PADA GAME 2D GOPOH BERBASIS ANDROID.

Dian Ayu Putri, M. M. N. (2018). Pembuatan Game Meu`en Galah Berbasis 3D Menggunakan Fungsi Linepath. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi Dan Komputer, 1(2).

Harsadi, P., Saptomo, W. L. Y., & Wardhana, C. Y. (2022). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Game Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Godot Engine. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 10(1).

https://doi.org/10.30646/tikomsin.v10i1.603

I Made Divya Biantara, Alfa Faridh Suni, S., I Made Sudana, & Arimaz Hangga. (2015). TEKNIK PENGACAKAN POSISI OBJEK PERMAINAN MATCH-UP “FIND ME! – BUMI ETAM.” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 2302.

Putri, M., Lestari Rahayu, S., Novita Sari, R., & Studi Informatika, P. (2019). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle pada Aplikasi Pop Quiz Pengenalan Seni dan Budaya Berbasis Android.

Saifan Nur, M. (2017). Penerapan Health Point NPC (Non-Playing Character) pada Game RPG. Jurnal Infomedia, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v11i1.10977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 MUHAMMAD RAJA FIRDAUS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats