PERANCANGAN MEKANISME INTERAKSI PEMAIN DAN BOT DI GAME SUMOBALL DENGAN UNITY 2020 MENGGUNAKAN ADDFORCE

Faldi Ramadhan Firmansyah, Alam Rahmatulloh

Abstract


Pada era teknologi ini perkembangan mekanisme game, semakin menarik dan unik, sehingga memiliki daya saing dengan perusahaan game lainnya. Pada penelitian game ini terdapat beberapa mekanisme yang menjadikan hasil game tersebut menjadi lebih menarik dan interaktif bagi pemainnya. Salah satunya yang dapat menyumbang hasil itu adalah implementasi mekanisme yang diterapkan dalam interaksi antar pemain dan bot atau AI di dalam sebuah game. Sehubungan dengan penelitian ini, penerapan dilakukan dengan mengimplementasikan mekanisme sederhana yang terdiri daripada sifat-sifat dasar untuk setiap objek yang menjadi keterlibatan dalam interaksi tersebut di dalam sebuah game berbasis Unity yang dinamakan sebagai “Sumoball”, yang dimana game ini adalah sebuah game bergenre arcade yang menunjukkan sebuah pertandingan Sumo namun pemainnya dipresentasikan dengan objek bola. Mekanisme ini dibuat dengan menggunakan fungsi yang telah disediakan oleh game engine Unity yaitu dikenal dengan Addforce. Hasil menunjukkan bahwa untuk menghasilkan mekanisme yang menarik tersebut, bisa diselesaikan dengan beberapa fitur yang disediakan oleh Unity, beserta peran bot sebagai musuh untuk mengalahkan pemain bisa dibuat dengan persamaan yang sederhana.


Keywords


pengembangan gim, kecerdasan buatan, unity, tingkah laku, bot.

References


Filip, J. (2021) Unity Rigidbody Explained, Medium. Available at: https://medium.com/eincode/unity-rigidbody-explained-fb208d0f97f3(Accessed: October 9, 2021).

Hendra, S. and Fathiah (2019) “PERANCANGAN GAME ANIMASI ARCADE PERANG

JEDI BERBASIS FLASH,” Journal of Informatics and ComputerScience, 5, pp. 84– 97.

İsmail, Ç. (2020) Colliders and Triggers in Unity 3D, Code In Black. Availableat: https://www.codinblack.com/colliders-and-triggers-in-unity3d/ (Accessed: October 9, 2021).

Matthew Robertson (2021) Unity RigidBody AddForce, MonkeyKidGC. Availableat: https://www.monkeykidgc.com/2021/01/unity-rigidbody-addforce.html (Accessed: September 2, 2021).

Prastikasari, S., Yunus, A. and Aditya Nugraha, D. (2019) Implementasi FuzzyLogic Pada Perilaku NPC (Non-Player Character) dalam Tingkat Kepuasan Pelayanan Pada Game Mlijo 2D Berbasis Mobile. Malang. doi: https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3012

Sifaulloh, H., Fadila, J.N. and Nugroho, F. (2021) “Penerapan Metode Finite StateMachine pada Game Santri on the Road,” Walisongo Journal of InformationTechnology, 3(1), pp. 11–18. doi:10.21580/wjit.2021.3.1.7135.

Supriadi, A. and Siregar, I. (2019) “PENGEMBANGAN LOG BOOK PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN TAKTIS,”

Jurnal Prestasi, 3(6), pp. 68–72.

Unity Learn (2018) Unit 4 - Gameplay Mechanics: Follow the Player, Unity Technologies. Available at: https://learn.unity.com/project/unit-4-gameplay-mechanics /(Accessed: September 2, 2021)

Erick, E. (2023). Perancangan Game 2D Platformer dengan Gabungan Edukasi Bahasa Pemrograman C Berbasis Desktop Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Arfiansyah, M. E. (2022). Sidoarjo Creativepreneur Center Dengan Pendekatan Biophilic Design.

Meimaharani, R., & Listyorini, T. (2015). PURWARUPA GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA BERBASIS ANDROID (Vol. 1, Issue 2).

Pratama, B., Kriyantono, R., Vol, D. A.-M. (Abdira), & 2022, undefined. (2022). Gim Berbasis Open Source Software sebagai Media Pembelajaran Guru PAUD. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Prof- Kriyantono/publication/361733348_Nomor_2_Tahun/links/62c25ce9c0556f0d631b782a/ Nomor-2-Tahun.pdf

Putri, A. N. (2016). OPTIMASI ALGHORITMA BREADTH FIRST SEARCH PADA GAME ENGINE 3D THIRD PERSON SHOOTER MAZE BERBASIS AGEN CERDAS

ANDROID. Jurnal Transformatika, 14(1), 50–55. https://doi.org/10.26623/TRANSFORMATIKA.V14I1.349

Ramadhani, D., Roedavan, R., & Kurniawan, A. P. (2023). Pengembangan Aplikasi Techpolverse Berbasis Game Engine Unity di Techpolitan Indonesia Persada. EProceedings of Applied Science, 10(5). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/vie w/21222/20499

Rangan, A. Y., & Hendy. (2023). Penerapan Line of Sight dan Finit State Machine pada Game Platformer “RUN!” Digital Transformation Technology, 3(1), 236–247. https://doi.org/10.47709/DIGITECH.V3I1.2745




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v11i1.11347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Faldi Ramadhan Firmansyah, Alam Rahmatulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats