Kecerdasan Buatan Virtual Assistant Pada Permainan Menggunakan Metode Finite State Machine

Jeremia Christian Putra, Much Miftachur Rohman, Maulana Rizqi

Abstract


Game First Person Shooter (FPS) merupakan sebuah game yang banyak disukai oleh masyarakat luas. Game ini memiliki sudut pandang orang pertama sehingga para user dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih baik lagi. Banyak sekali game FPS yang diminati oleh berbagai macam masyarakat luas seperti contohnya Call Of Duty yang bertipe Shooting Game ataupun game The Lasr Of Us yang bertipe Adventure. Pada pembuatan kecerdasan buatan atau AI ada banyak algoritma yang bisa digunakan, pada penelitian kali ini metode yang digunakan adalah metode Finite State Machine (FSM). FSM dipilih karena memiliki respon yang cukup baik dalam mengambil sebuah keputusan. Respon yang baik inilah yang nantinya dapat menarik minat masyarakat unutk memainkan game yang kita rancang. Untuk perancangan game, banyak game engine yang bisa kita pakai, namun pada penelitian kali ini kita menggunakan Unreal Engine karena dinilai lebih baik untuk melakukan pengembangan terhadap game 3D .

Keywords


FPS, Game, Unreal Engine, Action Game, Adnventure Game, Game 3d, Shooting Game dan AI

References


Afif, R. L., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Perancangan PC Game First Person Shooter Menggunakan Unreal Development Kit. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(2), 149-156.

Caesar, R. (2015). Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa. Journal of Animation and Games Studies, 1(2), 113-134.

Darma, N. T. A., Arthana, I. K. R., & Putrama, I. M. (2018). Pengembangan Aplikasi Game Kisah Panji Sakti Berbasis Mobile. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(3), 283-293.

Herdiana, Y. (2019). Game Simulasi Kerja Praktek Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bale Bandung Menggunakan Unreal Engine 4. COMPUTING| Jurnal Informatika, 6(2), 21-29.

Mahendrata, M. A., Jonemaro, E. M. A., & Aminul, M. (2019). Penerapan Decision Making NPC Dengan Metode Hierarchical Finite State Machine Pada 2D Endless runner Game. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Manggena, T. F., Putra, K. P., & Sanubari, T. P. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain Game terhadap tingkat kognitif (kecerdasan logika-matematika) usia 8-9 tahun. Satya Widya, 33(2), 146-153.

Nendya, M. B., Gunanto, S. G., & Santosa, R. G. (2015). Pemetaan Perilaku Non-Playable Character Pada Permainan Berbasis Role Playing Game Menggunakan Metode Finite State Machine. Journal of Animation and Games Studies, 1(2), 185-202.

Andarista, P. (2018). IMPLEMENTASI NON PLAYER CHARACTER PADA GAME “THE LOST BABY” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2(2)_, 232-239._

Sapio, F. (2019). Hands-On Artificial Intelligence with Unreal Engine: Everything You Want to Know about Game AI Using Blueprints Or C++. United Kingdom: Packt Publishing.

Sugito, A., Hariadi, M., & Fanani, A. Z. (2017). PERGERAKKAN ADAPTIF NONPLAYER CHARACTER TEMAN BERBASIS EVENT MENGGUNAKAN BEHAVIOR TREE DAN RULE BASED SYSTEM. Jurnal Cyberku, 13(2), 1.

Yunanto, A. A., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2018). Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11(2), 16-27. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/108




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v7i2.4184

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jeremia Christian Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats