Representasi Desain Karakter Animasi Berbasis Gajah

Ika Yulianti

Abstract


Indonesia memiliki aneka jenis hewan yang berbeda-beda yang menyesuaikan dari lingkungannya. Hubungan hewan dengan lingkungan memiliki karakter tersendiri dan banyak digunakan oleh kreator dalam mengemas filosofi kehidupan dan sebagai produk untuk menyampaikan pesan, salah satunya adalah gajah.  Proses pembuatan desain karakter hewan gajah terdapat pada tahap pra produksi yang akan dilanjutkan kedalam tahap produksi film animasi maupun turunan produknya.  Proses pembuatan desain karakter yaitu melalui pencarian data melalui penelitian, analisa dan proses visual. Metode yang digunakan dalam penciptaan karakter berbasis hewan gajah memiliki metode pengambilan data primer secara kualitatif. Konsep penciptaan karakter berbasis hewan gajah memiliki pendekatan Three Dimentional Development.

 


Keywords


Animasi, Desain Karakter, Hewan, Gajah

References


Arntson, Amy E. Graphic Design Basics. USA : Thomson Wadsworth, 2007

B. Tillman, “Creative Character Design”, Oxford: Elsevier, Inc., 2011

C. Hart, “Humongous Book of Cartooning”, Watson Guptill, 2009

H. Su and V. Zhao, “Alive Character Design: Character Design Course by Haitao Su”, Harrow Middlesex: CYPI PRESS, 2012

Halas, Johan and Manvell, Roger, 1971, The Technique of Film Animation, London and New York: Focal Press.

L. Sheldon, “Character Development & Storytelling for Games”, Nelson Education, 2014

M.D. Mattesi, “Force Dynamic Life Drawing for Animators”, Focal Press, 2006

R. Williams, “The Animator’s Survival Kit”, London, New York: Faber & Faber, 2002

Sachari, Agus. Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa : Desain, Arsitektur, Seni Rupa, dan kriya. Jakarta: Erlangga, 2005

http://kamusbahasaindonesia.org




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v11i2.9659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Ika Yulianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats