SINDHÈNAN GENDING GARAP MRABOT: CUCUR BIRU, CIPTAMAYA, KARNANSIH, AYAK SINOM, SREPEG DAN SINOM LOGONDHANG
Abstract
Penelitian ini membahas garap sindhènan dalam sajian gending yang dirangkai secara mrabot, dengan fokus pada beberapa gending seperti Cucur Biru, Ciptamaya, Karnansih, Ayak Sinom, Srepeg, dan Sinom Logondhang. Pemilihan Ciptamaya sebagai bagian dari rangkaian mrabot didasari oleh banyaknya peluang bagi pesindhèn untuk mengeksplorasi teknik céngkok, wiledan, gregel, serta penempatan wangsalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode observasi, studi pustaka, dan wawancara. Konsep-konsep garap yang digunakan meliputi garap klenèngan, garap mrabot, munggguh, mandheg, sindhènan plèsèdan céngkok, dan pertimbangan garap. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas pesindhèn sangat menentukan karakter sajian gending, yang ditunjukkan melalui penguasaan teknik céngkok, penafsiran struktur gending, serta pemilihan teks cakepan. Pada gending Ciptamaya, variasi céngkok pada bagian mérong, ngelik, dan inggah disesuaikan dengan karakter garap klenèngan, dengan tetap merujuk pada kaidah karawitan gaya Surakarta. Temuan utama menunjukkan bahwa garap mrabot berperan penting dalam menentukan struktur sajian, garap mandheg digunakan untuk menyusun balungan yang fleksibel, dan konsep munggguh dipakai untuk menyelaraskan antar-instrumen demi membangun rasa musikal. Sementara itu, plèsèdan céngkok dan pertimbangan garap menjadi dasar dalam penyusunan teks dan melodi sindhènan secara kontekstual dalam rangkaian mrabot.
Kata kunci: sindhenan, garap mrabot, céngkok, Ciptamaya
Full Text:
PDFReferences
AFTAR PUSTAKA
Darsono, Garap Mrabot Gendhing Onang-Onang, Rara Nangis, Jingking, Ayak-Ayakan, Srepeg, Palaran. 2002.
A. S. D. S. Aji, “Konsep Mandheg dalam Karawitan Gaya Surakarta,” Resital J. Seni Pertunjuk., vol. 20, no. 2, pp. 81–95, 2019, doi: 10.24821/resital.v20i2.3219.
A. S. Aji, “Konsep Mandheg dalam Karawitan Gaya Surakarta,” Resital J. Seni Pertunjuk., vol. 20, no. 2, 2019, doi: 10.24821/resital.v20i2.3219.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
P. M. Sukerta, Metode Penyusunan Karya Musik. Surakarta: Surakarta: ISI Press, 2011.
S. Padmosoekotjo, Ngèngrèngan Kausastran Djawa jilid I. Yogyakarta: Hien Hoo Sing, 1959.
B. Mardusari, Kandha Sanyata. Surakarta: ISI Press, 1996.
Suraji, “Sindhenan gaya Surakarta,” in Sindhenan Gaya Surakarta, STSI, Ed., Surakarta, 2005.
R. Supanggah, “Bothèkan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press.,” in Surakarta: ISI Press, 2007.
Martopangrawit, “Pengetahuan Karawitan Jilid II,” in Surakarta: ASKI, 1975.
Waridi, R.L. Martopangrawit Empu: Karawitan Gaya Surakarta. Yogyakarta: Mahavira, 2001.
Martopangrawit, Pengetahuan Karawitan. Surakarta: ASKI Surakarta, 1969.
S. Hastanto, Konsep Pathet Dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press Surakarta, 2009.
Suraji, “Tinjauan Ragam Bentuk Tlutur Dan KorelasinyaKorelasinya, D A N,” Keteg J. Pengetahuan, Pemikir. dan Kaji. Tentang “Bunyi,” vol. 13, no. 1, pp. 123–152.
D. Widada, “Kamus Bau Satra Jawa,” in Yogyakarta, 2000.
G. Purborini, Ragam Garap Sinom Logondhang, Skripsi. Surakarta: ISI Surakarta, 2015.
G. Sri Hastjarjo, “Macapat Jilid I,II,III,” in Surakarta, 1979.
Suyoto, “Sukon Wulon dalam Tembang Macapat: Studi Kasus Tembang Asmarandana,” Kêtêg J. Pengetahuan, Pemikir. dan Kaji. Tentang Bunyi, vol. 16, no. 1, pp. 63–70, 2016, doi: DOI: https://doi.org/10.33153/keteg.v16i1.1771.
Suyoto. dan Timbul Haryono, “‘Vokal Dalam Karawitan Gaya Surakarta (Studi Kasus Kehadiran Kinanthi dalam Gending,’” Surakarta J. Keteg, vol. 15, no. 1, pp. 60–74, 2015.
D. A. N. E. Dasarnya, “Konsep Kepesindenan Dan Elemen-Elemen Dasarnya,” Harmon. J. Arts Res. Educ., vol. 13, no. 2, pp. 147–156, 2013, doi: 10.15294/harmonia.v13i2.2781.
Webtografi
Serat Kalimataya. Sastra.org. https://www.sastra.org/bahasa-dan-budaya/wayang/1137-kalimataya-anonim-1904-1533-hlm-305-541?s=duhkita
Sekar Ageng. Sastra.org https://www.sastra.org/bahasa-dan-budaya/karawitan/2774-gendhing-pelog-tuwin-salendro-warsadiningrat-c-1920-653-hlm-43-75
Notasi gending. Gamelanbvg.
https://gamelanbvg.com/gendhing/pdf/p7/Ciptamaya.pdf
Diskografi
ACD-205. Sinom Logondhang-Sinom Palaran Pélog barang. Condong Raos. Lokananta.
KGD-019. t.th. Pancatnyana-Pangkur p7, Condong Raos, Surakarta: Kusuma Record.
Onang-onang Mrabot. Pimpinan Ki Narto Sabdho. Surakarta: Fajar Record.
KGD-136. Srepeg Tunggal Jiwa. Raras Riris Irama, Surakarta: irama Recording.
ACD-039 Index B. 1973. Pangkur, pimpinan P. Atmosoenarto, Surakarta: Lokananta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.